KNPI Tabanan Peringati Hari Sumpah Pemuda Disertai Pemberian Hadiah Lomba Baca Puisi

  • 28 Oktober 2021
  • 17:45 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1538 Pengunjung
penyerahan hadiah lomba baca puisi oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tabanan

Tabanan,suaradewata.com - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tabanan memperingati hari sumpah pemuda di ruang rapat lantai III Kantor Bupati Tabanan, Kamis, (28/10/2021). Peringatan sumpah pemuda tersebut disertai penyerahan hadiah lomba baca puisi. 

Ketua KNPI Kabupaten Tabanan I Made Dwi Agung Satrawan mengatakan tujuan kegiatan ini adalah ingin memberikan arti dan makna pada hari sumpah pemuda dengan menanamkan nilai sejarah yang bisa menumbuhkan rasa semangat pemuda pemudi. Selain itu tujuan melaksanakan kegiatan ini juga ingin mengungkapkan rasa bangga kepada bangsa ini dan sejarah yang dilukiskan oleh pemuda di 93 tahun silam.

"Tepat di 93 tahun lalu sejarah kaum pemuda membuat goresan tinta sejarah yang sampai saat ini bisa kita kenang dimana terjadi kongres kedua pada 8 Oktober 1928 yang bertempat di Batavia yang mempunyai kesepakatan mempunyai kata sepakat dengan 3 kalimat yang penuh dalam arti seperti dideklarasikan ikrar sumpah pemuda," kata Agung Satrawan.

Tiga kalimat dalam ikrar sumpah pemuda tersebut yakni pertama "Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia", kedua "Kami poetera dan poeteri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia", dan ketiga "Kami poetera dan poeteri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia". 

"Dengan kegiatan lomba baca puisi ini yang melibatkan adik adik SMP dan SMA, harapan kami ingin menumbuhkan dari awal rasa dan semangat sebagai generasi muda Tabanan," harapan Ketua KNPI Tabanan.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Tabanan, I Nyoman Putra dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat hari sumpah pemuda sekaligus mengucapkan selamat dan sukses kepada KNPI Tabanan yang telah menyelenggarakan kegiatan lomba baca puisi yang telah memberikan kreativitas kepada siswa-siswi di Tabanan. Kata ia, lomba ini merupakan sarana untuk melihat dan mencari bakat siswa yang memiliki potensi untuk dibina dan dikembangkan agar bisa berprestasi. Disamping itu juga dapat mendorong siswa untuk berkompetisi secara sehat serta dapat menularkan kepada siswa-siswa yang lainnya. 

"Saya harap lomba ini dapat dilakukan secara rutin untuk dapat mencari sumber daya manusia yang berkualitas," ucap Nyoman Putra.

Selanjutnya, dilaksanakan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba baca puisi. Adapun pemenang lomba baca puisi tersebut yaitu :

 Tingkat SMP 

Juara 1 Dewa Made Putra Daniswara dari SMP N 1 Tabanan

Juara 2 Glesheylla Natasha Kirana dari SMP N 1 Tabanan

Juara 3 I Ketut Fajar Naranatha dari  SMP N 5 Tabanan dan

Favorit Putu Maisya Ayustra Putri

Tingkat SMA

Juara 1 Bellisima Quisha Arimta dari SMA N 2 Tabanan

Juara 2 Ni Putu Kartika Sithapradnyana dari SMA N 1 Tabanan

Juara 3 Ni Luh Ari Purnama Yanti dari SMA N 1 Tabanan dan

Favorit Ni Putu Winda Sukma Wardani dari SMA N 1 Kediri.

Di akhir acara ada pembacaan puisi oleh juara 1 tingkat SMP dan SMA. Dan kemudian diakhir kegiatan salah satu juri yaitu Ajik Samar Gantang membacakan puisi di dalam kegiatan tersebut. rls/bay/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER