Setoran Pedagang 100 Ribu ke Desa, Bendesa Adat Canggu : Prajuru Tiyang Masih Menelusuri

  • 26 Oktober 2021
  • 17:35 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1635 Pengunjung
suaradewata

Badung, suaradewata.com - Setoran 100 ribu tiap bulan ke Desa oleh salah satu pedagang minuman dan sewa papan surfing di pinggir pantai Batu Bolong Canggu masih misterius. Pasalnya, Desa Adat Canggu masih menelusuri setoran 100 ribu tersebut ke Desa. "Prajuru Tiyang masih menelusuri dan masih kroscek di lapangan," kata Jro Bendesa Adat Canggu Wayan Suarsana di Kantor Desa Canggu, Selasa, (26/10/2021).  

Baca :https://www.suaradewata.com/read/202110240009/bendesa-adat-canggu-akan-menelusuri-setoran-pedagang-100-ribu-ke-desa.html 

Sebelumnya, Jro Bendesa Adat Canggu I Wayan Suarsana mengaku akan menelusuri setoran pedagang Rp 100.000 ke Desa. Pasalnya, Desa Adat Canggu belum melakukan pungutan terhadap pedagang yang menetap di pinggir pantai, melainkan hanya melakukan dudukan/pungutan sesuai kesepakatan dengan pedagang yang berpindah-pindah/mobiling di pinggir pantai. 

"Sementara setoran pedagang yang tidak mobiling tersebut, Desa Adat belum berani mengakui uang tersebut masuk ke Desa Adat. Dan ini masih ditelusuri," ungkap Wayan Suarsana di kediaman rumahnya Banjar Kayu Tulang Desa Canggu Kecamatan Kuta Utara, Minggu, (24/10/201).  

Baca Juga : https://www.suaradewata.com/read/202110230010/pedagang-pinggir-pantai-sebut-setoran-100-ribu-ke-desa-perbekel-bantah-ada-setoran.html 

Disisi lain, Seorang pedagang minuman dan sewa papan surfing di pinggir Pantai Batu Bolong Desa Canggu Kecamatan Kuta Utara sebut ada setoran tiap bulan untuk tempat berjualan. Hal itu diungkapkan oleh pedagang Made Marsa (28) asal Banjar Kedisan, Desa Kintamani Kecamatan Bangli bahwa setoran tiap bulan tersebut disetorkan ke Desa setempat. "Tempat ini kita bayar ke Desa perbulannya kita bayar 100.000, ada yang kesini ngambil uangnya tiap bulan," ungkap Made Marsa kepada media suaradewata.com di pinggir pantai Batu Bolong, Sabtu, (23/10/2021). 

Sementara, Perbekel Desa Canggu Kecamatan Kuta Utara, Nengah Lana saat dikonfirmasi Sabtu, (23/10/2021), mengenai adanya setoran tiap bulan ke Desa mengatakan tidak mengetahuinya. Bahkan untuk pedagang yang ada di pinggir Pantai Batu Bolong pun juga tidak diketahui berapa jumlahnya saat ini. 

"Setornya kemana kan gitu, ke Desa mana, siapa yang memungut kita gak tahu. Selama saya selaku Perbekel di Desa Canggu belum pernah yang namanya pungutan di Pantai belum pernah kita lakukan," kata Nengah Lana.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER