Eks Sekda Buleleng Ditahan, Sementara Dititipkan di LP Kerobokan

  • 18 Oktober 2021
  • 17:40 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1482 Pengunjung
suaradewata

Denpasar,suaradewata.com - Kejaksaan Tinggi (Kejati) akhirnya resmi menahan mantan Sekda Buleleng, Dewa Ketut Puspaka (DKP), Senin (18/10). Itu setelah tersangka memenuhi panggilan penyidik untuk kembali dilakukan pemeriksaan. 

Pemeriksaan yang dilakukan selama kurang lebih hampir dua jam itu dari pukul 10.00 Wita, seputar kasus dugaan gratifikasi pembangunan Bandara Bali Utara di Kabupaten Buleleng, pengurusan izin pembangunan Terminal Penerima LNG Celukan Bawang, dan penyewaan lahan tanah desa Yeh Sanih, serta tindak pidana pencucian uang (TPPU). 

Kasipenkum Kejati Bali, A. Luga Harlianto, menegaskan bahwa tersangka DKP sebelum dilakukan penahanan tetap menjalani pemeriksaan kesehatan serta tes Swab Antigen Covid-19 dengan hasil negatif Covid-19. 

"Selanjutnya penyidik melakukan penahanan terhadap tersangka DKP selama 20 hari ke depan di Rutan Kerobokan," terang Luga di Kejati Bali, Renon Denpasar.  

Tersangka DKP dipastikan Luga, juga telah menandatangani Berita Acara Penahanan dengan didampingi oleh kuasa hukumnya Agus Sujoko. "Selanjutnya akan dilakukan penyerahan berkas tahap pertama kepada Jaksa yang mengikuti perkembangan penyidikan dari Kejati Bali," imbuhnya. 

Tersangka diancam dan dijerat Pasal 11 atau Pasal 12 huruf e atau huruf a atau huruf b atau huruf g UU No 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU NO 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan tindak pidana pencucian uang terkait penerimaan tersebut sebagaimana diatur dalam Pasal 3, 4 dan 5 UU No 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).  

"Jumlah uang negara yang dirugikan oleh perbuatan tersangka kurang lebih mencapai 16 Milyar rupiah," singkatnya.mot/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER