Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tim Desa Kerti Bali Sejahtera Diminta Bersinergi dengan Kepala Desa Hingga Desa Adat

  • 16 Oktober 2021
  • 21:45 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1250 Pengunjung
Suaradewata

Tabanan,suaradewata.com - Tim Desa Kerti Bali Sejahtera dalam melaksanakan tugas di Desa/Kelurahan dan Desa Adat agar berkolaborasi dan bersinergi dengan: a. Kepala Desa/Lurah beserta Perangkatnya; b. Bandesa Adat beserta Prajurunya; c. Babinsa dan Bhabinkamtibmas; d. Para Pegawai Kabupaten/Kota yang berasal dari Desa/Kelurahan/Desa Adat setempat; e. Pemuka Masyarakat; f. Yowana; g. Tim Penggerak PKK Desa; dan h. Organisasi/Lembaga/Paiketan terkait di Desa/Kelurahan dan Desa Adat.

Demikian pesan yang disampaikan secara rinci oleh Gubernur Bali, Wayan Koster saat memberikan pidato dalam acara Pencanangan Pelaksanaan Program Desa Kerti Bali Sejahtera dengan mengambil lokasi di Desa Selabih, Kecamatan Selemadeg Barat, Tabanan, pada Sabtu (Saniscara Kliwon, Wariga), 16 Oktober 2021.

Gubernur Bali juga menyampaikan agar Tim Desa Kerti Bali Sejahtera memfasilitasi kebutuhan pelaksanaan program secara swadaya dengan bergotong-royong dari warga Desa/Kelurahan dan Desa Adat, serta pihak lain. "Mengadakan pertemuan secara rutin yang melibatkan Perbekel, Lurah, Bandesa Adat, dan Tokoh Masyarakat, serta warga Desa/Kelurahan dan Desa Adat," jelasnya.

Kata Gubernur, bahwa di setiap pertemuan tidak boleh membebani APBDes dan Desa Adat. Kemudian diharapkan bisa ikut serta menumbuhkembangkan Perekonomian Desa/Kelurahan Dan Desa Adat. Memfasilitasi warga Desa/Kelurahan dan Desa Adat untuk mengembangkan kelembagaan usaha perekonomian sesuai potensi wilayah.
Kelembagaan usaha perekonomian Desa/Kelurahan dan Desa Adat menangani usaha di Bidang. Memfasilitasi permodalan usaha perekonomian Desa/Kelurahan dan Desa Adat melalui KUR, pinjaman lunak, dan program Pemerintah lainnya. Hingga Memfasilitasi akses pemasaran dan promosi hasil usaha perekonomian Desa/Kelurahan dan Desa Adat secara konvensional dan digital.

"Saya harapkan Tim Desa Kerti Bali Sejahtera agar melaksanakan tugas mulia ini dengan sebaik-baiknya, penuh rasa tanggung jawab, tertib dan disiplin, serta bekerja dengan fokus, tulus, dan lurus," harapnya seraya menyatakan sangat berharap juga agar Bupati/Walikota ikut berperan aktif dalam pelaksanaan program ini, mengingat keberhasilan pelaksanaan program ini sesungguhnya menjadi bagian dari pencapaian kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota.

Diakhir acara Gubernur memerintahkan Perbekel/Lurah/Bandesa Adat serta seluruh lembaga dan komponen masyarakat agar dengan sungguh-sungguh melaksanakan program ini, karena apa yang diprogramkan akan memajukan Desa/Kelurahan dan Desa Adat serta memberi manfaat nyata bagi masyarakat.awp/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER