Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bantu Pasarkan Produk Pertanian, Dinas Pertanian Gandeng Pengusaha Jakarta

  • 13 Oktober 2021
  • 20:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1235 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Guna membantu memasarkan berbagai produk pertanian agar mampu menembus pasar di Pulau Jawa dan Jakarta, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung mencoba menggandeng PT. Surya Gandrung yang bergerak di sektor pertanian sebagai pemasok komoditi pertanian ke berbagai supermarket di jakarta. 

Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, I Wayan Wijana usai memfasilitasi pertemuan antara petani dengan PT. Surya Gandrung di BPP Petang, Selasa, (12/10/2021), lalu mengungkapkan bahwa salah satu permasalahan petani adalah lemahnya akses pasar dan rendahnya nilai tambah produk pertanian karena para petani selama ini hanya fokus pada upaya on farm dan kurang dalam hal hilirisasi. 

Untuk itu pihaknya saat ini disamping terus melakukan pendampingan dalam hal budi daya dan menginventarisir berbagai komoditas pertanian yang spesifik, berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi dipasaran seperti kopi dan asparagus, juga   merangkul para pengusaha yang tergabung dalam berbagai asosiasi seperti PHRI,  KADIN, BVA, HIPMI, pelaku UMKM Pangan agar berkomitmen dalam memanfaatkan dan ikut memasarkan produk pertanian lokal. Disamping itu untuk memperluas pasar,  kini pihaknya mencoba menggandeng pengusaha dari luar Bali yang kebetulan sedang mencari mitra kerja untuk memproduksi dan memasarkan komoditas yang sedang diminati oleh pasar di Jakarta. 

Direktur PT. Surya Gandrung Sony Agus Santoso yang datang langsung dari Jakarta menyatakan keinginannya untuk bisa menjalin kerjasama dengan para petani di Badung Utara dalam hal pemasaran buah alpukat Hass yang saat ini permintaan sedang tinggi dengan harga Rp. 150 ribu/kg. Menurut Sony yang juga bergerak sebagai penyedia apparel bagi klub-klub sepakbola di tanah air, perusahan yang dia pimpin sudah bekerjasama dengan petani dari berbagai daerah di Indonesia untuk memasok kebutuhan buah yang berkualitas bagi supermarket premium di Jakarta. Khusus untuk di Badung pihaknya tertarik untuk mendatangkan alpukat Hass yang sudah banyak dikembangkan petani di Plaga dan Belok Sidan. Disamping siap untuk menandatangani perjanjian pihaknya juga mengaku akan mendampingi petani untuk menghasilkan produk yang berkualitas.rls/ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER