Jelang Dibukanya Pariwisata, Puluhan Anjing Divaksin di Canggu

  • 08 Oktober 2021
  • 19:30 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1506 Pengunjung
Suaradewata

Badung,suaradewata.com - Puluhan Anjing mulai divaksin di Banjar Kayu Tulang Desa Canggu Kecamatan Kuta Utara, Jumat, (08/10/2021). Pelaksanaan vaksinasi ini dilaksanakan menjelang dibukanya pariwisata di Bali. 

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, I Made Candra mengatakan kegiatan vaksinasi ini merupakan kegiatan untuk pengendalian rabies dengan menggunakan umpan lokal. Dimana umpan lokal ini adalah vaksinasi yang menggunakan makanan yang diberikan kepada anjing. Dan kebetulan hari ini adalah peringatan Hari Rabies Dunia (HRD).

"Dengan kita membuang umpannya ini nanti dia dimakan nanti anjing itu akan kebal serangan rabies," kata Made Candra.

Sementara Perbekel Desa Canggu, I Nengah Lana menambahkan, terpilihnya desa kami mendapatkan jadwal vaksin rabies yang bertepatan pada hari HRD, ini merupakan momentum yang baik yang dilakukan oleh pihak Provinsi. Kata ia, momentum yang baik ini, kami apresiasi sekali lantaran mulai dibukanya pariwisata di Bali. Sehingga, ancaman rabies bisa kita nol kan di Desa Canggu ini.

"Kita daerah pariwisata tidak menutup kemungkinan itu banyak ada anjing anjing, baik anjing liar maupun anjing peliharaan yang masuk ke daerah kita. Maka upaya antisipasi ini kami sangat mensupport dan apresiasi sekali," imbuh Nengah Lana.

Dalam kegiatan tersebut, juga dihadiri oleh Camat Kuta Utara, I Putu Eka Pramana. Disela-sela kegiatan, Camat Kuta Utara menerangkan kehadiran dirinya dalam kegiatan tersebut adalah untuk ikut memantau kegiatan pelaksanaan vaksinasi rabies yang dilakukan oleh Provinsi. Dimana kegiatan ini adalah suatu langkah upaya pencegahan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Provinsi Bali, apalagi bertepatan dengan hari HRD. Kebetulan wilayah kita secara umum untuk di Kuta Utara ini zero rabies. 

"Ini harus kita pertahankan. Wilayah kita khususnya di Canggu, masyarakat lokal dan internasional sangat gemar memelihara hewan peliharaan. Tidak hanya anjing, kucing pun menjadi rentan juga penularan rabies, itu pun kita arahkan untuk divaksin," terang Eka Parmana.

Eka Parmana mengatakan, dari hasil pantauan, tampak antusias masyarakat sudah banyak datang untuk melaksanakan vaksinasi kepada hewan peliharaannya. Setelah dicek, ternyata sudah ada diatas sekitar 35 hewan sudah divaksin.

"Antusias masyarakat sudah banyak datang dari pagi hingga siang tadi. Dan kegiatan ini juga mendukung dimulainya dibukanya pariwisata. Karena pariwisata sudah mulai berdatangan," kata orang nomor satu di Kecamatan Kuta Utara ini.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER