Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Berdayakan Warga Lokal, Camat Abiansemal Dukung UMKM

  • 22 September 2021
  • 19:35 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1045 Pengunjung
Camat Abiansemal Ida Bagus Mas Arimbawa bersama owner Warung Green Jemeng Sangeh I Putu Yudana

Badung, suaradewata.com – Ditengah pandemi covid-19, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Abiansemal menggeliat. Pasalnya kini menjamur warung-warung kedai kopi sederhana, bisnis kuliner rumahan yang dikelola anak muda dengan nuansa yang unik dengan memperdayakan masyarakat lokal. "Jika lewat Abiamsemal bisa kita lihat disepanjang jalan banyak bermunculan warung-warung atau kedai kopi yang unik, inovasi anak-anak muda ini perlu kita dukung serta dibina agar bisa berkembang,” ucap Camat Abiansemal Ida Bagus Mas Arimbawa, Rabu, (22/09/2021).

Sebagai bentuk perhatian dan dukunganya, tidak jarang IB Mas Arimbawa sengaja santap siang di warung-warung atau kedai milik warga itu sembil memberi masukan dan saran. Saat berjumpa dengan wartawan www.suaradewata.com pun Camat Abiansemal sedang menikmati santap siang di  Warung Green Jemeng Sangeh Banjar Pemijan Desa Sangeh, Abiansemal.

Guna membantu memasarkan produk UMKM di Abiansemal, melalui pemerintahan desa pihaknya mengaku berupaya membuat panduan kuliner di desa masing-masing. Sehingga potensi yang ada di desa tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas. “Guna membantu masyarakat ditengah situasi pandemi saat ini, kita harus bergandengan tangan untuk memperkenalkan potensi wilayah seperti kuliner dan jasa-jasa lainnya yang memberdayakan warga lokal,” bebernya.

Saat ditanya strategi pemasaran melalui aplikasi yang kini banyak beredar, IB Mas Arimbawa mengatakan kedepan memang arahnya kesana, namun karena sekarang jasa online banyak tersedia itu menjadi pilihan dari para pelaku UMKM masing-masing. "Sekarang jasa pemasaran online banyak, silahkan masyarakat pilih agar usahanya berkembang, kamipun berharap jasa pemasaran online dapat melirik dan mengakomudasi para UMKM di Abiansemal,” harapnya.

Dipihak lain owner Warung Green Jemeng Sangeh I Putu Yudana mengaku bisnis kuliner saat ini cukup menjanjikan. Awalnya kata dia hanya ada sate, tapi kini sudah bervariasi dengan tampilan yang unik dan nyaman.  "Tempatnya kita tata sehingga menarik, penikmatnya bukan saja warga sekitar, tapi banyak juga warga luar wilayah yang sengaja datang untuk menikmati kuliner kami,” ucapnya sambil mengatakan bahan baku yang digunakan adalah bahan baku lokal. ang/red

 

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER