Sesalkan Mahasabha Luar Biasa PHDI, ICHI Minta Umat Tetap Tenang

  • 21 September 2021
  • 13:00 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 1574 Pengunjung
Ketua Umum DPP Ikatan Cendikiawan Hindu Indonesia, I Nyoman Wida, dan Pernyataan sikapnya

Jakarta, suaradewata.com – Mencermati dinamika keumatan menjelang Mahasabha XII Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI, terlebih adanya klaim “Mahasabha Luar Biasa (MLB)” PHDI membuat berbagai element Hindu di Indonesia bereaksi. Salah satunya adalah Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia (ICHI). Organisasi yang berisi para pemikir muda Hindu ini menyesalkan adanya MLB, dan meminta Umat Hindu di Indonesia untuk tetap tenang dan senantiasa mengedepankan sikap sesuai ajaran Ahimsa, Catur Paramitha dan Tri Kaya Parisudha. Hal tersebut ditegaskan ICHI dalam pernyataan sikapnya tertanggal Senin, (20/09/2021) yang ditandatangani Ketua Umum DPP Ikatan Cendikiawan Hindu Indonesia, I Nyoman Widia, M.H., Ak.,C.P.A serta Sekretaris Jendralnya I Ketut Budiasa, ST., MM.

Dalam pernyataannya tersebut ICHI juga merasa perlu mengajak semua pihak untuk mengedepankan nilai-nilai ajaran Hindu dalam pengelolaan organisasi PHDI, termasuk dalam menyelesaikan berbagai perbedaan pandangan sehingga terwujudnya iklim yang sejuk dan kondusif, baik di dalam organisasi PHDI sebagai satu-satunya Majelis Tertinggi Agama Hindu di Indonesia maupun di lingkungan Umat Hindu secara keseluruhan sebagai bagian dari Masyarakat Indonesia.

"Bahwa apapun yang dilakukan oleh para stakeholder organisasi seharusnya hanyalah untuk menjalankan kewajiban Dharma semata, melepaskan diri dari kepentingan pribadi, dan menghindari tindakan yang didorong oleh kemarahan, ahamkara dan sifat-sifat tidak terpuji lainnya," ujarnya.

Ditambahkannya jika para pemimpin PHDI di semua tingkatan hendaknya senantiasa mengatasi setiap gejolak dengan penuh kearifan dan kebijaksanaan sebagai refleksi kepemimpinan Varuna Brata. "Sehingga kami Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia menyesalkan adanya klaim “Mahasabha Luar Biasa PHDI” yang dilakukan oleh sekelompok orang, yang mencederai semangat Murdha Citta PHDI sebagai pelayan umat untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, damai, dan harmonis," imbuhnya.

Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia sendiri mendukung PHDI Pusat dan semua PHDI Provinsi/Kabupaten/Kota untuk melaksanakan Mahasabha XII sesuai jadwal yang telah ditetapkan. "Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia juga menghimbau seluruh Umat Hindu di Indonesia untuk tetap tenang dan senantiasa mengedepankan sikap sesuai ajaran Ahimsa, Catur Paramitha dan Tri Kaya Parisudha, dengan keyakinan bahwa mayoritas Umat Hindu di Indonesia adalah umat yang damai, santun, toleran dan taat konstitusi," tandasnya. rls/ayu/gus/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER