Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Polisi Ingatkan Warga, Hati Hati Memelihara Satwa Dilindungi

  • 16 September 2021
  • 18:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1439 Pengunjung
Kasi Humas Polres Badung Iptu I Ketut Sudana

Badung, suaradewata.com - Polres Badung mengingatkan kepada masyarakat di wilayah hukumnya, jika memelihara satwa yang dilindungi undang-undang agar memiliki ijin, kalau tidak bisa berurusan dengan pihak berwajib karena ada prosedur hukumnya. "Hati hati kalau memelihara satwa yang dilindungi sesuai undang-undang harus ada ijin," tegas Kasi Humas Polres Badung Iptu I Ketut Sudana kepada www.suaradewata.com, Kamis, (16/09/2021)

Ketut sudana yang akrap disapa Pak Mangku ini menjelaskan, ada satwa yang dilindungi dan tidak dilindungi undang-undang. Sehingga, jika masyarakat ingin memelihara satwa yang dilindungi undang-undang harus ada ijin dari pihak yang berwenang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

"Kalau tidak ada ijin jangan coba-coba memelihara satwa yang dilindungi. Tentu ada prosedur hukum setiap pelanggaran hukum," jelasnya.

Baca : https://www.suaradewata.com/read/202109150020/rawat-satwa-dilindungi-giri-prasta-minta-maaf-dan-serahkan-siamang-ke-bksda-bali.html

Saat ditanya, mengenai Giri Prasta yang sempat memelihara satwa yang dilindungi undang-undang Siamang asal Sumatera, meskipun sudah dikembalikan ke BKSD Bali, pak Mangku pun mengaku belum mengetahui, karena belum ada laporan terkait hal itu. 

"Terkait Satwa yang dilindungi undang undang yang viral pada akun Instagram Pak Giri Prasta, saya no coment," jawabnya.

Sebelumnya, sempat viral Bupati Badung Nyoman Giri Prasta meminta maaf lanjut menyerahkan Satwa berupa Owa Siamang (Symphalangus syndactylus) berjenis kelamin betina, umur 2 bulan di kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali.

Giri Prasta menyerahkan satwa Owa Siamang yang dilindungi oleh undang-undang itu sempat di viral diakun Instagramnya. Dalam video berdurasi 2 menit 39 detik itu Giri Prasta menunjukan Satwa Owa Siamang yang dipanggilnya "Mimi" sedang tidur di bantal warna pink pada kandang besi berwarna biru. Kata dia Mimi diserahkan agar bisa dilepas liarkan di daerah Sumatra. ang/red

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER