Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sasar Lansia, Desa Kukuh Geber Home Screening

  • 14 September 2021
  • 14:35 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1069 Pengunjung
home screening desa kukuh dengan sasaran lansia non produktif (ist)

Tabanan, suaradewata.com – Guna mencegah penularan virus corona, jajaran desa Kukuh Kerambitan melakukan berbagai langkah salah satunya yakni home screening dengan menyasar para lansia yang non produktif. Home screening tersebut adalah langkah penting dalam mencegah penularan penyakit yang diakibatkan oleh virus corona. Uniknya home screening yang dikomandoi Prebekel Desa Kukuh Kerambitan, I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd. tersebut melibatkan para warga Desa Kukuh Kerambitan yang berprofesi sebagai tenaga medis dan para medis. Seperti yang dilakukan beberapa waktu lalu yakni mengunjungi keluarga lansia dari Ni Ketut Mungkreg

Home screening tersebut dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dasar gratis seperti pengukuran tensi, tekanan darah, suhu tubuh, gula darah, kolesterol, dan asam urat yang dilakukan secara door to door ke rumah para lansia yang sudah tidak dapat beraktivitas atau lansia non produktif. Selain itu para lansia juga diberikan kosultasi dasar terkait gizi serta diberikan vitamin sesuai kebutuhannya.

Perbekel Desa Kukuh Kerambitan I Nyoman Widhi Adnyana, yang menggagas kegiatan tersebut mengatakan implementasi visi dan misi dalam bidang Kesehatan sesuai dengan amanat SDGs Desa ke-3 yaitu Desa Sehat dan Sejahtera. Kegiatan pemeriksaaan Kesehatan untuk lansia non produktif ini di lakukan dengan metode mengunjungi rumah para lansia, bersinergi dengan TP PKK Desa Kukuh dan eksekutornya adalah Tim Penggerak Desa Sehat yang dibentuk sebagai salah satu kelompok masyarakat yang merupakan utusan warga masing-masing dusun yang berprofesi sebagai tenaga medis dan para medis. “Segala kebutuhan sarana prasarananya difasilitasi dari Dana Desa 2021. Konsepnya adalah pemberdayaan masyarakat Desa untuk Desa itu sendiri,” tandasnya.

Sementara Ketua TP-PKK Desa Kukuh Ni Putu Yulia Ratih mengungkapkan peran serta Tim Penggerak PKK Desa dalam kegiatan tersebut adalah mengkoordinasikan Kegiatan mengingat TP PKK memiliki kewenangan pada Pojka 4 untuk mewujudkan Desa Sehat.

Keluarga lansia Ni Ketut Mungkreg s mengapresiasi program kegiatan ini. Pihaknya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Desa Kukuh karena berkat program ini salah satu keluarganya yang kini sedang lansia dan tidak dapat berdiri dan berjalan normal mendapatkan perhatian dari pemerintah Desa Kukuh Kerambitan.

Menurut rencana yang telah ditetapkan, kegiatan Home Screening Kesehatan Lansia Non produktif ini akan rutin diselenggarakan setiap seminggu sekali secara bertahap di 5 dusun yang ada di wilayah Desa Kukuh Kerambitan. bay/rls


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER