Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

5 Spesifikasi Smartphone yang Pas untuk Belajar Online

  • 03 September 2021
  • 20:20 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 1558 Pengunjung
istimewa

Samsung A20S bisa menjadi alternatif smartphone bagi Anda yang mencari ponsel pintar murah untuk belajar online anak. 

 Lifesytle, suaradewata.com - Sejak dunia dilanda Pandemi COVID-19, masyarakat diwajibkan untuk menghindari keramaian, menjaga jarak satu sama lain, dan meminimalisasi aktivitas di luar rumah. Kondisi inilah yang kemudian membuat proses belajar mengajar yang semula dilakukan secara tatap muka harus berganti ke metode belajar daring atau online.

Pada dasarnya belajar online bukanlah hal baru. Salah satu perangkat yang dibutuhkan demi menunjang kualitas belajar online adalah smartphone. Ya, smartphone menjadi pilihan paling ekonomis jika dibandingkan dengan laptop atau komputer. 

Apalagi saat ini sudah banyak pabrikan smartphone yang menjual perangkat berspesifikasi mumpuni dengan tarif terjangkau. Kalau Anda bingung menentukan pilihan, cari tahu dulu 5 spesifikasi ponsel yang cocok untuk belajar online berikut ini.

1.    Memiliki Kamera Mumpuni

Saat belajar mengajar dilakukan secara daring, maka kualitas kamera HP haruslah mumpuni agar tenaga pengajar mampu mengenali wajah peserta didiknya dengan baik.

Bicara mengenai standar minimal, paling tidak Anda membutuhkan smartphone yang memiliki kamera depan 5MP. Kapasitas kamera depan sebesar itu gambar yang dihasilkan sudah cukup baik mengingat belajar online biasanya dilakukan pada siang hari.

Selain kamera depan, kualitas kamera belakang juga perlu diperhatikan, lho. Sebab, ada kalanya murid diminta mengirimkan foto lembar jawaban ketika guru mendistribusikan tugas secara manual.

Lebih lanjut lagi, kualitas kamera belakang bisa menjadi penting saat guru memberikan PR untuk membuat sebuah video. Jika Anda tidak memiliki kamera digital, kamera HP pun jadi satu-satunya harapan.

Dari penjelasan di atas, sekarang Anda jadi lebih tahu mengapa kamera menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan ketika membeli HP untuk belajar online, bukan?

2.    Dilengkapi Kapasitas Baterai yang Memadai

Ketika mengakses aplikasi meeting online dalam waktu yang lama, daya baterai biasanya lebih cepat habis. Itu sebabnya, pembeli harus mempertimbangkan kapasitas baterai yang ditawarkan.

Di pasaran, smartphone dengan kapasitas baterai 3.000-3.500 mAh dianggap sebagai hal yang wajar. Kalau Anda tertarik memiliki HP dengan baterai tahan lama bisa langsung mencari smartphone dengan daya 4.000-4.500 mAh seperti Samsung A20S.

Di Indonesia sendiri, smartphone berkapasitas baterai jumbo begitu diminati. Alasan utamanya karena saat ini HP merupakan perangkat yang tidak bisa dilepaskan dari rutinitas harian.

Jika memiliki HP dengan baterai awet, pengguna pun tidak perlu repot-repot untuk mengisi ulang baterai lebih dari sekali dalam satu hari.

Satu lagi, perhatikan juga apakah ponsel yang akan dibeli memiliki fitur fast charging atau tidak. Keberadaan fitur ini membuat proses pengisian daya lebih cepat dari biasanya.

3.    Ukuran Layar Lebar Namun Tetap Nyaman

Ukuran layar menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi kenyamanan pengguna. Semakin lebar ukuran layar, pengguna pun akan merasa nyaman ketika harus mengakses materi belajar melalui HP. Untuk anak-anak sekolah, smartphone dengan layar berukuran 5 inci sudah terasa lebar dan lega.

Selain ukuran layar, Anda juga perlu mencari tahu tentang teknologi yang digunakan pada layar ponsel incaran. Ingat, penggunaan ponsel secara rutin akan membawa dampak tersendiri bagi kesehatan mata. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih HP dengan teknologi layar yang aman untuk mata.

Saat ini, AMOLED menjadi teknologi layar ponsel yang ramah untuk mata. Penambahan sel organik pada teknologi ini mampu meminimalisasi paparan radiasi sehingga lebih sehat untuk mata dibandingkan dengan teknologi layar TFT.

4.    Punya Kapasitas RAM dan Memori yang Cukup

Saat kelas online sedang berlangsung, ponsel biasanya dituntut untuk bekerja secara multitasking. Jika kapasitas RAM tidak begitu besar, bisa-bisa ponsel akan mengalami lag ketika kelas digelar. Kalau sudah begini pengguna akan mengalami kerugian karena tidak mengikuti penjelasan guru secara lengkap.

Berangkat dari masalah di atas, penting bagi orang tua untuk memilih perangkat yang memiliki kapasitas RAM cukup besar. Pada umumnya, semakin banyak kapasitas RAM, semakin lancar pula HP bekerja.

Untuk kegiatan belajar mengajar, RAM berkapasitas 3 GB didukung media penyimpanan 32 GB bisa dikatakan cukup. Jika media penyimpanan internal kurang besar, biasanya ada juga merek yang menyediakan slot untuk memasang memori eksternal.

Opsi lainnya adalah memilih ponsel dengan spesifikasi RAM 4 GB yang umumnya dilengkapi dengan memori internal sebesar 64 GB.

Kabar baiknya, seluruh kriteria di atas bisa Anda temukan pada Samsung A20S yang dapat ditemukan secara online melalui Blibli.com.

5.    Menggunakan Versi Android Terbaru

Terakhir, pilihlah smartphone yang menawarkan versi Android terbaru. Hal ini tentunya akan mendukung perangkat bekerja lebih stabil dengan fitur-fitur teranyar.

Menurut informasi terkini, Android 12 beta preview menjadi sistem operasi paling anyar yang diluncurkan pada bulan Mei lalu.

Berbeda dengan versi sebelumnya, Android 12 banyak menawarkan fitur baru yang belum ada di Android versi terdahulu.

Salah satu contohnya adalah Privacy Dashboard. Fitur ini ibarat panel utama yang memungkinkan pengguna melakukan kontrol terkait penggunaan data pribadi seperti akses lokasi dalam 24 jam terakhir.

Jika tidak menemukan smartphone entry-level atau mid-range yang menyediakan Android versi terbaru, sebagai gantinya Anda bisa membeli ponsel dengan sistem operasi minimal Android 5.0.

Versi tersebut sudah cukup untuk memfasilitasi anak belajar di rumah.

Setelah membaca kelima spesifikasi di atas, apakah Anda sudah tahu smartphone mana yang akan dibeli?

Kalau masih bingung Anda bisa mempertimbangan Samsung A20S sebagai pilihan.


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER