Grand Final Gemilang Anak Bangli 2021, Lima Anak Terpilih Jadi Duta Kabupaten Bangli 

  • 23 Juni 2021
  • 19:55 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1709 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com - Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE., menghadiri Grand Final Pemilihan Duta Anak Bangli tahun 2021 di Wantilan Desa Adat Penglipuran Rabu, 23 juni 2021. Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta, serta Pimpinan OPD yang terkait di lingkungan Pemkab Bangli.

Ketua Panitia Komang Riska Cahya Ningrum dalam laporannya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memilih insan-insan yang unggul dalam rangka menyuarakan hak anak dan untuk memilih 5 orang duta anak yang nantinya akan mewakili kabupaten Bangli dalam ajang pemilihan duta anak Provinsi Bali serta untuk merekrut anggota baru di kepengurusan forum anak. Adapun tema yang diusung dari gemilang anak Bangli yakni berkarya, berbakti dan menginspirasi di tengah pandemi.

Dimana tema tersebut nantinya akan memotivasi serta menumbuhkan jiwa kreatif, produktif, dan inovatif pada diri anak di tengah situasi pandemi covid-19 ini. “Nantinya dengan tumbuh dan terpeliharanya kreativitas serta produktivitas anak di masa pandemi ini, kita harapkan mampu memberikan banyak pengalaman pada anak dan mewujudkan anak-anak Bangli yang lebih baik kedepannya,” ungkapnya. Ditambahkannya, dari 20 orang peserta grand final ini, nantinya akan dipilih duta anak sebanyak 10 orang yang terdiri dari 5 orang duta anak dan 5 orang runner up duta anak.

Ketua Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Bangli Putu Erna Sintya Wati dalam sambutannya mengatakan seperti yang kita ketahui, FAD Bangli merupakan organisasi anak yang dibina langsung oleh pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas PPKBP3A Kabupaten Bangli. “Organisasi ini dibentuk untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antar pemerintah dengan anak-anak di Kabupaten Bangli dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak,” jelasnya. Salah satu kegiatan tahunan yang dilaksanakan yaitu acara Gemilang Anak Bangli 2021 yang merupakan serangkaian acara pemilihan anggota FAD Bangli serta Duta Anak Bangli tahun 2021. 

Pihaknya berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini nantinya terpilih anak-anak yang memang benar-benar memiliki kualitas, bisa menginspirasi banyak orang, dan memiliki jiwa dedikasi tinggi untuk bergabung di FAD Bangli menjadi agen 2 P yaitu sebagai pelopor dan pelapor khususnya dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak dan perlindungan anak di wilayah kabupaten Bangli. Lebih lanjut, pihaknya juga berharap aspirasi anak-anak di Kabupaten Bangli dapat tersalurkan dengan sebaik-baiknya sehingga sebagai generasi muda dapat berpartisipasi dalam setiap tahap pembangunan di Kabupaten Bangli.

Sementara Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE., dalam sambutannya mengatakan sebagai generasi penerus masa depan, keberadaan anak-anak sangat penting dan harus mendapatkan perhatian yang serius dengan memberikan perlindungan kepada anak-anak agar terhindar dari hal-hal yang dapat merusak dan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. “Perlindungan terhadap anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,”sebutnya.

Dengan demikian, diharapkan kedepan dapat terwujud anak bangsa yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera. “Sebagai wujud kepedulian dan perhatian yang besar terhadap anak-anak, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangli membentuk Forum Anak Daerah Kabupaten Bangli, serta berkomitmen untuk mewujudkan partisipasi anak dengan memfasilitasi keberadaan forum anak agar dapat memberikan input dalam mempengaruhi kebijakan pemerintah untuk mewujudkan kepentingan terbaik bagi anak,” jelasnya. Dalam kegiatan forum anak ini pihaknya menekankan agar anak-anak memiliki andil yang besar untuk turut terlibat dalam setiap kegiatan. Sebab forum anak sebagai penghubung aspirasi anak, akan lebih mudah berkomunikasi jika komunikasi yang dilakukan adalah dengan teman sebaya atau sesama anak-anak lainnya.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER