Pencurian Pratima, Nuning Tinjau Pura Balai Agung Umakaang

  • 23 Juni 2021
  • 19:15 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2110 Pengunjung
istimewa

Tabanan, suaradewata.com - Lagi-lagi pencurian pratima terjadi di wilayah Tabanan. Kali ini pratima di Pura Balai Agung Umakaang, di Banjar Geluntung Kelod, Desa Geluntung, Kecamatan Marga, Tabanan, raib digondol maling.

Sekretaris Komisi III DPRD Tabanan Fraksi PDI Perjuangan, asal Geluntung, Putu Yuni Widyadnyani, SS, yang meninjau langsung Pura Balai Agung Umakaang menuturkan jika menurut informasi yang diterima peristiwa itu diketahui Rabu (23/6/2021) sekitar pukul 08.00 WITA.  

Saat itu beberapa orang saksi hendak menghaturkan persembahyangan dalam rangka rainan Alit Budha Kliwon. Lada saat memasuki jeroan pintu masuk masih dalam keadaan terkunci dan saksi masuk jeroan. Selanjutnya saksi melihat pesucian-pesucian yang ada di setiap pelinggih sudah dalam keadaan berserakan.

Karena curiga saksi juga melihat pratima yang tersimpan di Balai Gedong/pejenengan yang ada di bagian timur. Dan ternyata sudah berserakan di halaman Pura, melihat kejadian tersebut selanjutnya salah satu saksi menghubungi Kawil Geluntung Kelod untuk menginformasikan kejadian  tersebut Ke Polsek Marga. 

"Mendengar informasi itu saya kaget dan langsung datang ke Pura," ujar srikandi PDIP yang akrab disapa Nuning tersebut.

Ditambahkannya jika dari Pura yang berstatus Pura Khayangan Tiga itu, hilang sekar emas 8 buah, perhiasan emas yang menempel di pratima di congkel. Pesucian di 8 pelinggih di ambil, di acak dan diturunkan. Serta gedong penyimpanan barang juga di rusak pelaku masuk melalui jendela namun tidak ada barang yang hilang. 

Pratima yang berserakan di halaman Pura yang terbuat dari kayu sudah dicari rayap serta padang yang ditimpa oleh Pratima sudah mati, diperkirakan kejadian ini sudah berlangsung antara 2 sampai 3 mingguan. 

Nuning pun mengaku prihatin atas peristiwa tersebut. Dan berharap kedepannya peristiwa serupa tidak terulang lagi. Ia juga mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan meningkatkan keamanan. "Mungkin dengan lebih memanfaatkan pos-pos keamanan yang sudah ada," tegasnya.

Disamping itu masyarakat juga harus tetap bersinergi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak keamanan dalam hal ini Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa. Usai meninjau pura, Nuning kemudian langsung menghadiri pembagian BLT DD di Kantor Desa Geluntung.ayu/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER