Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Mendukung Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua

  • 12 Juni 2021
  • 18:40 WITA
  • Nusantara
  • Dibaca: 1196 Pengunjung
google

Opini,suaradewata.com - Percepatan pembangunan papua semakin menjadi perhatian pemerintah Indonesia, terutama sejak terbitnya Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2017 tentang Percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Peningkatan akses dan kualitas pelayanan dasar serta pengembangan ekonomi terus dilakukan.

Dengan melakukan pembangunan terhadap infrastruktur di Papua guna memberikan kehidupan yang sejahtera dengan memajukan daerah-daerah terpencil. Hal tersebut menjadi tantangan besar untuk pemerintah. Hal tersebut juga telah dituangkan dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat adalah merupakan upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan di tanah Papua.

Tak hanya bidang infrastruktur, pemerintah juga memajukan bidang lainnya seperti pendidikan dan ekonomi. Pada bidang pendidikan, pemerintah mengupayakan agar sekolah masuk pada tempat terpencil di Papua, guna mencerdaskan pemuda pemudi dan masyarakat disana.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga meminta seluruh masyarakat khususnya Papua dan Papua Barat untuk menjaga suasana yang kondusif untuk mendukung program percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat semakin cepat terlaksana. Hal itu terus diupayakan agar dapat sejajar dengan daerah lainnya. Ma'ruf tidak ingin masyarakat salah persepsi dan menganggap bahwa pembangunan di kedua provinsi tersebut cenderung menggunakan pendekatan keamanan.

Berdasarkan data Badan Pusat Stastistik (BPS) tahun 2020 rata-rata lama sekolah di Papua Barat masih lebih tinggi dari Papua yaitu Papua Barat sebesar 7,60 sedangkan Papua sebesar 6,69, namun rata-rata nasional masih jauh di atasnya yaitu 8,48. Akses terhadap sumber air masih rendah untuk Papua dan Papua Barat, yakni 79,69 persen untuk Papua Barat, untuk Papua 62,7 persen sedangkan rata-rata nasional 90,21 persen. Pemerintah mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu membangun Bumi Cendrawasih agar sejahtera dan maju, tetap semangat dan saling bahu-membahu untuk menjadi hebat.

Dominggus Salampessy, Penulis adalah Mahasiswa Papua di Bandung


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER