Berbagai Manfaat Dirasakan Masyarakat Melalui Intensitas Monitoring Program AKU HATINYA PKK

  • 11 Juni 2021
  • 19:05 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1482 Pengunjung
istimewa

Tabanan,suaradewata.com Selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya secara intens melakukan monitoring AKU HATINYA PKK “Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman” ke Desa-desa yang ada di Kabupaten Tabanan guna memantau perkembangan yang dilakukan masyarakat dalam menciptakan rumah percontohan atau rumah imbas dengan memanfaatkan pekarangan berbentuk taman rumah tangga.

Kali ini, Jumat, (11/6), dengan didampingi oleh Kepala Dinas Sosial dan P3A Tabanan, beberapa pengurus TP PKK Kabupaten, serta bekerja sama dengan GOW Kabupaten Tabanan dan mengajak Relawan Bali, Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan menyambangi beberapa rumah percontohan dan rumah imbas di Desa Bongan Kecamatan Tabanan dan Desa Berembeng, Kecamatan Selemadeg.

Dalam kunjungannya kali ini, selain mengagumi upaya masyarakat dalam melakukan inovasi dan kreativitas untuk memaksimalkan lahan pekarangan yang tertata rapi dan asri, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya juga fokus untuk saling berbincang dan berbagi pemahaman mengenai tujuan program AKU HATINYA PKK terhadap masyarakat setempat.

Pada dasarnya, Ia berharap program ini agar manfaatnya dapat dirasakan untuk keluarga dan orang disekitar terlebih dahulu dan untuk kedepannya, alangkah lebih baik jika masyarakat bisa mengembangkan tanaman yang bernilai ekonomis, sehingga mampu memberikan keuntungan bagi keluarga apalagi disaat pandemi yang masih berlangsung saat ini.

Seperti halnya warga di Desa Berembeng, Selemadeg yang lebih mengedepankan kreatifitas dalam mengembangkan tanaman hias bernilai jual tinggi, seperti bonsai, tanaman pangan seperti kunyit putih, tomat, cabai dan tanaman khas daerah serai wangi, yang bisa diolah menjadi minyak gosok, sehingga nantinya mampu memberikan nilai ekonomis bagi keluarga.

Menurutnya hal itu merupakan langkah yang positif dalam rangka mewujudkan visi misi Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM), mulai dari tingkat terkecil yaitu keluarga. Kalau program ini benar-benar dilaksanakan secara disiplin, maka tak pelak dikatakannya akan sangat menguntungkan bagi warga.

“Setelah tadi Saya berkunjung di Dua Desa, semua sudah masuk kriteria AKU HATINYA PKK, cuma rata-rata masih kurang disempurnakan. Jadi unsur-unsurnya sudah ada, seperti tanaman obat, tanaman pangan, dan lainnya sekaligus tanaman hias, namun penataannya perlu disempurnakan kembali,” ujar Ny. Rai Wahyuni usai melakukan kunjungan di Desa Berembeng.

Lebih lanjut Ia juga tak henti-hentinya berpesan kepada warga agar menanam tanaman yang memiliki nilai ekonomis di pekarangan rumah, sehingga menghasilkan dan menambah pendapatan keluarga. Dan juga Ia berharap agar segera Desa-desa yang belum dikunjunginya bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi.

Sekaligus dalam kesempatan itu, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya yang juga selaku Ketua K3S Kabupaten Tabanan membawa misi program Rehabilitasi Sosial bagi Lansia di Kabupaten Tabanan, dengan memberikan bantuan kursi roda kepada dua orang Lansia di Kecamatan Tabanan bekerjasama dengan Dinas Sosial dan P3A Kabupaten Tabanan dan Relawan Bali.

Kedua Lansia yang menerima bantuan saat itu adalah Lansia asal Desa Dajan Peken, An. I Nengah Sumanda dan Lansia asal Banjar Subamia Dencarik, Desa Subamia, Tabanan. Pihak keluarga yang mendampingi saat itu, mengucap syukur dan terima kasihnya atas bantuan yang diberikan.rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER