Cermati DPB KPU, Bawaslu Tabanan Faktual ke Warga

  • 29 Mei 2021
  • 14:40 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1567 Pengunjung
istimewa

Tabanan, suaradewata.com - Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) yang dilakuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan di 10 Kecamatan guna menyongsong Pemilu 2024 mendapat atensi serius dari jajaran Bawaslu Tabanan. Semangatnya, bagaimana  menciptakan daftar pemilih akurat, komprehensif dan berkualitas secara bersama-sama.

" Sesuai tugas dan fungsinya Bawaslu Tabanan terus mengawal,  mengawasi dan melakukan koordinasi dengan KPU dan Disdukcapil Tabanan dalam upaya menciptakan data pemilih berkualitas nantinya " ujar Anggota Bawaslu Tabanan, Ketut Narta, saat dihubungi, Jumat ( 28/5/2021).

"Kita selalu awasi bagaimana KPU Tabanan melakukan proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, salah satu langkah kami  melakuan sampling faktual atau uji petik turun ke rumah warga terhadap hasil DPB KPU Tabanan," ucapnya.

Narta sebagi Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Tabanan manyatakan, ketidakakuratan daftar pemilih memang akibat perkembangan penduduk yang sulit didata. Perubahan umur, perpindahan dan  kematian tidak langsung dicatat, serta mungkin ada PPDP kurang  memahami teknis saat melakukan pemutakhiran daftar pemilih pada pemilu dan pemilahan sebelumnya.

Meski demikian, kondisi seperti ini tidak lantas menjadi pembenaran bahwa kualitas daftar pemilih selalu bermasalah bahkan tidak solusinya. Jelasnya.

" Hal penting diperhatikan dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan adalah; penduduk yang sudah melakukan perekaman KTP elektronik, penduduk yang meninggal, dan pindah domisili serta DPTb Pilkada Tahun 2020." papar Narta.

"Daftar pemilih baru pada daftar pemilih berkelanjutan oleh KPU bahwa salah satu pemilih sudah pernah menggunakan hal pilih pada pemilihan tahun 2018, dan Pemilu 2019, tapi pada Pilkada 2020 menunjukkan KTP-Elektronik.

" Hal itu, diketahui  atas penjelasan I Ketut Terike, ditemui oleh Bawaslu melakuan uji petik daftar pemilih berkelanjutan, di rumahnya jalan Tukad Yeh Empas B19, No. 21 Desa Banjar Anyar Kecamatan Kediri. tutup Narta.rls/red/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER