Beragam Lomba Penyuluhan diadakan oleh TP PKK Tabanan Guna Peringati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49

  • 25 Mei 2021
  • 18:45 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1612 Pengunjung
istimewa

Tabanan, suaradewata.com – Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 tahun 2021, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan adakan beragam lomba penyuluhan di kantor Bupati Tabanan, Selasa (25/5)

Acara yang diikuti oleh TP PKK Kabupaten dan Kader PKK Desa di Tabanan itu, dihadiri langsung oleh Ny. Rai Wahyuni Sanjaya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan dan dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan, I Nyoman Sumartana sebagai perwakilan Bupati Tabanan.

Lomba dengan tema "Melalui Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju ini", terdiri dari 5 jenis lomba penyuluhan.

"Yakni, Lomba tertib administrasi oleh ketua tim penggerak PKK Desa, Lomba penyuluhan pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga bidang pokja I, Lomba penyuluhan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui UP2k-PKK Bidang Pokja II, lomba penyuluh pemanfaatan lahan pekarangan melalui Hatinya PKK Bidang Pokja III, dan Lomba penyuluhan pencegahan stunting pada balita bidang Pokja IV," beber Ny. Rai Wahyuni Sanjaya.

Ia menambakan, dalam lomba yang dilaksanakan dengan mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan ini, target sasaran langsung adalah para anggota PKK di tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa, Kader Dasa Wisma, dan Kader lainnya.

Lomba dilaksanakan sesuai dengan pedoman pelaksanaan lomba penyuluhan hari kesatuan gerak PKK 2021 dengan menagacu pada Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tanggal 1 Nopember 2017 Tentang Gerakan PKK, Keputusan Mendagri Nomor 422 4-3514 Tahun 2016 tanggal 6 April 2016 tentang Pengesahan Hasil Keputusan Rakernas VIII PKK tahun 2015;

Serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden no 99 Tahun 2012 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (Berita Negara Republik Indonesia tahun 2020 Nomor 580) dan Keputusan Ketua Umum TP PKK No 14KEP/PKK-PST/XII/ 2015 tanggal 22 Desember 2015 tentang hasil Rakernas VIII Bidang Rencana Kerja Lima tahun PKK Tahun 2015-2020.

Lebih lanjut, I Nyoman Sumartana dalam sambutannya menegaskan, tujuan dari kegiatan lomba ini adalah untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan para anggota TP PKK Kader Dasa Wisma, serta Kader lainnya, dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK.

"Sehingga mampu memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat guna meningkatkan derajat Kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tabanan. Hal ini sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Tabanan yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali, Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM)," tegas Sumartana. rls/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER