Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Didampingi LBH Lingkar Karma, Narapidana ini Terima Program Asimilasi

  • 30 April 2021
  • 15:55 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1165 Pengunjung
suaradewata

Denpasar,suaradewata.com - I Kadek Mahendra Yuda Purnawan dalam Perkara Nomor:1036/Pid.B/2020/PN. Dps. di PN Denpasar, telah dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana penggelapan dalam jabatan.

Sejak 26 Oktober 2020, Ia pun menjalani masa penahanan hingga puncaknya diputus PN Denpasar, Kamis (21/1/2021) lalu selama 1 tahun penjara. 

Namun kabar baiknya, dia menerima program asimilasi narapidana yang ada di Lapas Kelas II A Kerobokan. Kebijakan itu merujuk pada Permenkum HAM Nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19 serta Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No.M.HH-19 PK.01.04.04 Tahun 2020.

"Dari proses masa penahanan hinggga menjalani hukum tetap di Lapas Kerobokan, klien kami telah menjalani 2/3 dari hukuman yang diterima," aku Ida Bagus Dwi Ganda Sabo, SH & Bayu Anggara, SH., MH dari LBH Lingkar Karma, yang mendampingi sejak awal proses hukum.

Dikatakannya, para advokat juga turut hadir dan mendampingi saat terpidana I Kadek Mahendra Yuda Purnawan telah menyelesaikan proses pemidanaannya di Lapas Kelas II A Kerobokan, di hari Rabu, 29 April 2021. 

"Ini adalah bagian dari memperjuangkan hak-hak klien kami I Kadek Mahendra Yuda Purnawan," sambung terang Bayu Anggara.

 

Menurutnya, I Kadek Mahendra Yuda Purnawan telah memenuhi semua persyartan untuk dapat mengikuti program asimilasi yang ada dan dilaksanakan di Lapas Kelas II A Kerobokan.

Pada kesempatan ini pula, usai menghirup udara di luar, I Kadek Mahendra Yuda Purnawan juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh tim LBH Lingkar Karma karena dalam proses persidangan telah didampingi dengan baik. 

"Bahkan para advokat LBH Lingkar Karma tidak menerima upah sama sekali dan berharap ke depannya LBH Lingkar Karma dapat terus berkembang dan senantiasa dapat membantu masyarakat yang berhadapan dengan hukum," beber Yuda Purnawan.

Ida Bagus Dwi Ganda Sabo atau yang akrab dipanggil Sabo mengatakan bahwa, hukuman yang diterima oleh kliennya sudah sangat cukup untuk memberikan efek jera dan tidak akan mengulangi perbuatannya, sehingga saat ini kliennya sudah siap untuk kembali ke masyarakat setelah menjalani masa hukuman.mot/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER