Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan Bangli Gelar Lomba Pidato Bahasa Bali

  • 28 April 2021
  • 19:15 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1566 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com - Guna meningkatkan minat membaca pada usia dini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah  Kabupaten Bangli, Rabu (28/4/2021) menggelar lomba bercerita dan pidato (pidarta) bahasa Bali. Lomba yang digelar Pendopo SDN 4 Kubu, dibuka Wakil Bupati Bangli I  Wayan Diar.

Pada lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD) yang diikuti  20 orang peserta, keluar sebagai juara I yakni wakil  SDN 1 Demulih, Juara II SDN 1 Tamanbal d 3 SDN 3 Bebalanga.  Sementara untuk  juara harapan I SDN 2 Undisan dan  SDN 1 Cempaga. Sementara untuk pidarta bahasa Bali tingkat SMP  baru akan digelar, Kamis (29/4).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangli I Wayan Sugiarta pada kesempatan itu mengatakan  tujuan dilaksanakannya lomba ini adalah untuk menarik minat baca anak-anak khususnya tentang  buku-buku cerita budaya daerah dan nusantara. “Selain itu lomba ini juga sebagai ajang pelestarianadat dan budaya  bali, khususnya tentang bahasa Bali,”ujarnya.

Lebih lanjut dijelasnya, untuk lomba bercerita tingkat SD diikuti sebanyak 20 orang dari 20 SD yang ada di Bangli. Sedangkan untuk lomba pidato (pidarta)  Basa Bali tingkat SLTP diikuti sebanyak 16 orang peserta terdiri dari Kecamatan Bangli 4 orang, Kintamani 4 orang, Tembuku 4 orang dan Susut 4 orang. “Lomba akan berlangsung selama 2 hari, untu lomba brcerita tingkat SD digelar kemarin, sementara piadarta bahasa Bali kita laksanakan hari ini,”ucap mantan Kalak BPBD Bangli itu.

Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar dalam sambutannya mengatakan kemampuan dan kesenangan membaca merupakan modal penting dalam penyelengaraan pendidikan dan pembangunan masyarakat untuk hidup lebih cerdas, berwawasan luas, dan tangkas dalam menghadapi peluang dan tantangan di era ekonomi global saat ini. “Menanamkan buday membaca satuan pendidikan boleh dikatakan tidak mudah tapi juga tidak susah. Upaya pembudayaan harus ditanamkan dan dilatih pada anak-anak sedini mungkin serta dilakukan secara berkelanjutan dalam kondisi yang kondusif, harmonis dan komunikatif,”sarannya.

Diar memberikan apreasi terhadap lomba yang digelar oleh Dinas Prerpustakaan dan Kearsipan Daerah. Dimana, lomba ini akan mampu merangsang anak-anak untuk lebih gemar membaca dan mencintai kebudayaan nusantara. “Kita harap lomba ini bisa bermanfaat dan bisa dilaksanakan secara berkesinambungan,”pintanya.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER