Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Keluarga di Tabanan Terkejut Dengar Kabar Gugurnya Wira Natha di Papua

  • 28 April 2021
  • 09:40 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1380 Pengunjung
istimewa, Suasana dirumah keluarga besar Komang Wira Nata, di Banjar Base, Desa/Kecamatan Marga, Tabanan, Selasa (27/4/2021) malam.

Tabanan, suaradewata.com - Salah satu putra terbaik Bali kembali gugur saat menjalankan tugas. Dia adalah I Komang Wira Natha, 21, yang gugur tertembak oleh KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) di Papua.

Polisi berpangkat Bharada itu memiliki darah Bali tepatnya berasal dari Banjar Base, Desa/Kecamatan Marga, Tabanan. Keluarga besarnya di Marga pun mengaku terkejut saat mendapatkan informasi jika Wira Natha gugur karena tertembak. Padahal Wira Natha baru bertugas di Papua sekitar 3 bulan lalu. 

Meskipun berasal dari Tabanan, namun Wira Natha lahir dan besar di Desa Tegal Besar, Kecamatan Belitang II, Kabupaten Oku Timur, Sumatera Selatan. Sebab sekitar tahun 1970 kakek dari Komang Wira Natha transmigrasi dari Tabanan ke Sumatera. 

Kakak beda Ibu dari Wira Natha, I Wayan Wirtayasa menjelaskan bahwa Wira Natha baru dilantik menjadi anggota Tamtama Bribob Desember 2019 di Watukosek  Pustdik Brimob Jawa Timur. Selanjutnya ia pun bertugas di Mako Brimob di Jakarta sebelum ditugaskan ke Papua.

Kemudian setelah kurang lebih bertugas setahun di Jakarta, Wira Natha kemudian di pindah tugas ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Bertugas sekitar 2  bulan, lalu Wira Natha dipindah tugas kembali ke Jakarta untuk ikut pengamanan kasus Habib Rizieq. Setelah itu barulah sang adik ditugaskan ke Papua. 

Sampai akhirnya Selasa sore adik sepupunya di Sumatera memberikan informasi bahwa Wira Natha gugur dalam tugasnya. Padahal sebelumnya saat Hari Raya Galungan ia masih sering berkomunikasi. "Makanya kami sangat terkejut, karena walaupun tinggal jauh, kami sering komunikasi lewat telepon, dari 8 saudara, saya paling sayang dengan adik saya ini," ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya menuturkan jika meskipun tinggal di Sumatera, Wira Natha mendaftar polisi melalui Polda Bali. Yaitu begitu lulus tahun 2018 dari SMAN 1 Oku Timur Wira Natha langsung pindah domisili ke Bali sembari menunggu bukaan pendaftaran polisi. "Jadi mulai ikut mendaftar polisi sekitar Juni 2019," lanjutnya.

Semangat untuk bisa menjadi seorang anggota Polisi selalu ditunjukkan oleh Wira Natha selama proses pendaftaran. Bahkan proses pendaftaran dilakukan sendiri. Wirtayasa hanya mengantarkan ketika ada yang kurang jelas. Bahkan sambil menunggu bukaan pendaftaran Komang Wira Natha ini sempat bekerja di Indomaret.

"Awalnya dia ini ingin mencari Secaba, tapi karena persyaratan administrasi tidak lolos yaitu untuk mendaftar Secaba minimal harus domisili wilayah 2 tahun, sedangkan adik saya belum genap 2 tahun domisili di Bali, akhirnya mendaftar di Brimob Secata, kemudian langsung lolos," sambungnya.

Dan atas kepergian adiknya tersebut maka prosesi upacara akan digelar di Desa Tegal Besar, Kecamatan Belitang II, Kabupaten Oku Timur Sumatra Selatan. Dimana sesuai informasi keluarga di Sumatera, tanggal 29 April 2021 dilaksanakan upacara mekingsan di gni, kemudian tanggal 2 Mei 2021 baru akan digelar upacara ngaben. 

Komang Wira Natha merupakan anak pertama dari empat bersaudara pasangan I Made Biata (alm) dan Ni Nyoman Jati (isteri keempat ayahnya) . Dia memiliki tiga orang adik yang masih sekolah SMA dan SD. 

Menurut Wirtayasa, Wira Natha adalah sosok adik yang baik dan penurut. Sehingga ia sangat kehilangan sosok Wira Natha. "Adik saya ini orangnya baik, penurut, dan selama tinggal di Bali selalu mendengarkan kata-kata saya," tandasnya.rls/ayu/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER