Menkes: Mutasi Virus Corona India Masuk Indonesia

  • 28 April 2021
  • 08:55 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 1606 Pengunjung
istimewa

Jakarta, suaradewata.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan mutasi baru virus Corona yang ditemukan di India kini telah masuk Indonesia. diketahui, sudah 10 orang terkonfirmasi terpapar varian dari mutasi baru virus penyebab Covid-19 yang ditemukan di India.
Mutasi virus baru yang menyebabkan kasus Covid di India melonjak tajam, kini virus ini juga sudah masuk di Indonesia. "Virus itu sudah masuk ke Indonesia. Ada 10 orang yang terkena virus tersebut" Ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (26/4/2021) di kutip dari kompascom.
Budi mengatakan, dari 10 orang yang sudah tertular tersebut, enam di antaranya import case atau kasus impor dari luar negeri. Sementara empat lainnya berasal dari transmisi lokal. Dimana diketahui dua orang berada di Sumatera, Satu di Jawa Barat, dan satu lagi di Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Lonjakan drastis kasus virus Corona di India disebabkan oleh dua hal. Pertama, karena ada varian baru Corona B117 dan ada mutasi lokal B 1617. Kedua, melemahnya protokol kesehatan disana meski vaksinasi sudah berlangsung. Diketahui di India kasus Corona sempat turun cukup drastis dimana kasus terkonfirmasi harian di India hanya sekitar 5000 kasus, namun kini sudah naik ratusan kali lipat diketahui kemarin sebanyak 349.000 kasus per hari dari  sebelumnya 5000 kasus per hari.

Karena itu, Budi Gunadi Menteri Kesehatan (Menkes), mengajak untuk meningkatkan kehati-hatian dalam pengawasan virus Corona yang sudah bermutasi tersebut. pihaknya sudah melakukan pengawasan ketat untuk mengetahui ada atau tidaknya mutasi virus masuk ke Indonesia. Selain itu, pemerintah juga menangguhkan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas. Pemerintah juga menolak orang asing yang memiliki riwayat perjalanan 14 hari terakhir ke India, sebelum masuk Indonesia.

Warga Negara Asing (WNA) yang datang ke Indonesia, baik yang pernah mengunjungi India, terlebih dahulu harus melakukan tes whole genome sequencing untuk mengetahui varian Covid-19 apabila mereka terdeteksi positif. "Yang pernah datang atau mengunjungi India akan dilakukan genome sequencing agar kita bisa melihat apakah terjadi mutasi baru atau tidak," terang Gunadi Sadikin.dar/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER