Bupati Sanjaya Sangat Mengapresiasi dan Mendukung Penuh Kegiatan Penggak PKK

  • 21 April 2021
  • 18:10 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1616 Pengunjung
istimewa

Tabanan,suaradewata.com – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tabanan yang dikomandoi oleh Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, semakin intens melakukan kegiatan sosial berbagi kepada masyarakat melalui program-programnya yang pro rakyat. Salah satu program tersebut adalah kegiatan Penggak PKK, yang mempunyai tujuan membantu warga kurang mampu di Kabpaten Tabanan.

Terbaru, TP PKK Kabupaten Tabanan melalui kegiatan Penggak PKK-nya yang diselenggarakan di Wantilan Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan, Rabu (21/4), berbagi dengan 100 orang warga masyarakat kurang mampu dan menyediakan 120 dosis Vaksin Covid-19 yang diperuntukan untuk para Lansia yang tersebar di Desa Kukuh.

Kegiatan Penggak yang merupakan istilah untuk tempat berjualan tidak permanen apalagi dalam pelaksanaannya tanpa memberatkan APBD, mendapat apresiasi dan dukungan dari Orang Nomer satu di Tabanan, Bupati Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM. Menurutnya, kegiatan ini sangat meringankan beban warga masyarakat terutama di masa pandemi saat ini.

“Kami di Pemerintah Kabupaten Tabanan beserta jajaran sangat mendukung program ini. Karena kenapa? Karena program PKK ini hakekatnya sangat luar biasa menyentuh masyarakat, sangat menyentuh. Dan sangat sesuai dengan visi misi yang telah ditetapkan di Kabupaten Tabanan,” Ungkap Bupati Sanjaya saat menghadiri secara langsung kegiatan Penggak PKK itu di wantilan Desa Kukuh, Rabu, (21/4).

Ia menyebutkan, program ini sangat berkolerasi dengan visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM). Sehingga, Pemkab sangat mendukung secara penuh kegiatan ini apalagi tidak memberatkan APBD Kabupaten Tabanan.

“Kami juga sangat mengapresiasi, karena dalam kegiatan ini juga banyak donator yang turut membantu secara bergotong-royong, salah satunya adalah pihak BPD yang selalu membantu kita, sehingga kita bisa berbagi,” beber Sanjaya.

Ia juga beharap kedepannya, bahan-bahan pokok yang diberikan kepada masyarakat sebagai bantuan, seperti beras, buah, sayur, telor dan bahan pokok lainnya, agar dikonsepkan berasal dari Desa itu sendiri. Mengingat, khususnya di seluruh Desa yang ada di Kabupaten Tabanan mayoritas penduduk adalah Petani yang mengolah berbagai komoditi di lahan masing-masing.

“Baik dari beras, sayur-mayur, buah-buahan dan lain sebagainya harus dari Desa itu sendiri, sehingga dari Desa oleh Desa dan kembali lagi untuk masyarakat Desa. Itulah yang kami sebut dengan Desa berdikari, Desa yang mandiri dan Desa yang tangguh harapan kita,” imbuh Sanjaya.

Sebelumnya, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, menjelaskan, dalam momentum memperingati HKG PKK ke-49 juga Hari Kartini Tahun 2021ini diadakan kegiatan Penggak PKK agar memberikan manfaat kepada masyarakat, sekaligus dirangkaikan dengan perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan.

“Untuk itu TP PKK Kabupaten Tabanan merayakannya dengan bentuk kegiatan sosial berupa Penggak PKK yang dalam istilahnya Bali menyebutkan semacam warung rompyok atau warung dadakan. Penerima mengambil satu persatu secara gratis bantuan tersebut, secara bergiliran dan tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya juga menyebutkan, sasaran penerima bantuan saat ini adalah warga kurang mampu dan lansia sebanyak 100 Orang, sekaligus menyediakan 120 dosis Vaksin Covid-19 yang difokuskan bagi para lansia yang memenuhi persyaratan kesehatan. Ia juga menyebutkan, kegiatan Penggak PKK ini akan diselenggarakan pihaknya di seluruh Desa yang ada di Kabupaten Tabanan.

“Kami berharap, kegiatan ini memberi manfaat yang positif, sesuai dengan arahan Ketua TP PKK Bali dalam situasi pandemi ini harus selalu kreatif bergerak membantu masyarakat langsung sasaran ke Desa dan terutama keluarga. Dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan,” tutup Ny. Rai Wahyuni Sanjaya.

Gayung bersambut, kegiatan PKK Tabanan ini disambut hangat oleh Perbekel dan masyarakat Desa Kukuh, khususnya warga masyarakat penerima bantuan. Salah satu warga paruh baya yang berasal dari Banjar Lodalang, Kukuh, An. Putu Eka Saputra, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Tabanan, khususnya TP PKK Kabupaten Tabanan yang telah menggelar acara ini.

“Tiang mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuannya. Tiang selaku masyarakat apalagi di saat masa Covid ini, cukup mengalami situasi yang memprihatinkan. Dengan adanya bantuan ini, kami sangat menyambut gembira. Sekali lagi terimakasih Pemkab Tabanan, Terimakasih PKK Tabanan,” imbuhnya.rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER