Jelang Tawur Agung, Pemkab Bangli Gelar Upacara Mapepada Agung di Catus Pata

  • 12 Maret 2021
  • 15:35 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1650 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com - Upacara Mapepada Agung digelar Pemkab Bangli di Catus Pata Bangli, serangkaian menyambut hari Raya Nyepi  Tahun Saka1943, Jumat (12/3/2021). Pelaksanaan kegiatan tersebut dipuput Ida Pandita Mpu Nabe Giri Natha Dhaksa Dharma dari Gria Gede Pemacekan Nyalian Bangli. Hadir saat itu, Wabup Bangli I Wayan Diar, Kabag Kesra Jro Widata dan pimpinan OPD lainnya. 

 

Kabag Kesra Setda Bangli Jro Widata menjelaskan tujuan dari upacara  mapepada untuk adalah menyucikan wewalungan yang dipakai pada acara Tawur Kesanga, Sabtu (13/3/2021) besok. “Adapun wewalungan yang kita sucikan hari ini adalah kerbau, godel, kambing dan angsa serta hewan lainnya. Hewan tersebut nantinya disembelih untuk bahan upakara Tawur Agung di Catus Pata Bangli,”ujarnya. 

Sementara Ketua PHDI Kabupaten Bangli I Nyoman Sukra menjelaskan upacara mapepada agung ini merupakan rangkaian dari Tawur Kesanga, besok  Sabtu (13/3/2021) dan hari raya Nyepi yang tanggal 14 Maret 2021.  “Dimana, upacara ini memiliki makna yakni untuk menetralisir aura negative dan menjaga keseimbangan niskala dan sekala,”katanya.

Dia berharap dengan pelaksanaan yadnya ini, Ida Sanghyang Widhi Wasa, memberikan berkat dan anugrahnya serta memberikan keselamatan kepada semua mahluk hidup, dan wabah Covid-19 segera  berlalu.  “Kita telah mengeluarkan edaran tentang tata cara pelaksanaan upacaraTawur Kasanga  besok, baik tingkat kecamatan maupun banjar. Kita harap semua mematuhinya dan tetap menerapkan protokol kesehatan,”pungkas Nyoman Sukra.ard/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER