Hadiri RAT Koperasi, Wabup Suiasa Tekankan Koperasi Harus Sehat Manajemen, Orang dan Uang

  • 06 Maret 2021
  • 19:55 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1525 Pengunjung
Istimewa

Badung,suaradewata.com - Ketika sebuah organisasi apapun mampu melaksanakan kewajiban konstitusional berarti itu adalah wadah organisasi yang baik dan wadah ekonomi yang sehat. Demikian juga halnya sebuah koperasi. 

"Koperasi harus sehat Manajemen, Orang, dan Uangnya," tegas Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa saat memberikan sambutan dalam Rapat Akhir Tahun (RAT) Koperasi Pegawai Bina Sejahtera Kabupaten Badung Tahun Buku 2020, yang dirangkaikan dengan pemilihan pengurus baru masa bakti 2021-2023, bertempat di Ruang Kerta Gosana Puspem Badung, Jumat, (05/03/2021).

Menurut Suiasa perkembangan koperasi di Kabupaten Badung arahnya sudah sehat. Dimana pemerintah juga sangat berkepentingan dengan adanya koperasi yang tumbuh di tengah masyarakat, karena roda ekonomi dan percepatan pertumbuhan ekonomi dan dinamika ekonomi bergantung pada sektor ekonomi riil yang tumbuh di masyarakat.

Lebih lanjut Suiasa menyebut penerapan sistem ekonomi Pancasila di koperasi mampu membangun jiwa kekeluargaan. Karena segala sesuatu didasarkan asas mufakat dari oleh dan untuk anggotanya.

"Tidak salah Bapak Koperasi Mohammad Hatta mengatakan bahwa koperasi merupakan soko guru ekonomi bangsa. Mari kita Bersatu dalam menghidupkan usaha koperasi kita bersama. Mari kita jaga dan kawal berlangsungnya koperasi kita ini" ucapnya seraya meminta koperasi pegawai bina sejahtera harus lebih memberikan kemudahan dan ruang untuk anggota, manfaatkan segala kelebihan dalam membina dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya, terlebih  dalam kondisi Covid-19 seperti saat ini.

Pada kesempatan itu Suiasa juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus dalam mengelola Koperasi Bina Sejahtera dengan baik dan sesuai aturan yang ada. "Terimakasih kepada pengurus Koperasi Pegawai Bina Sejahtera karena memiliki kebijakan yang berpihak kepada anggota dan dapat meringankan beban anggota seperti dalam kondisi saat ini. Anggota juga harus merespon positif atas keberadaan koperasi dengan mengedepankan rasa "Melah Gelahan Duwen Gelah". Kita punya ayo kita jaga bersama,” punkasnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Koperasi Pegawai Bina Sejahtera Kabag Kesra Setda Kabupaten Badung Nyoman Sujendra melaporkan perkembangan Koperasi Pegawai Bina Sejahtera selama tahun buku 2020. Dilaporkan bahwa ada penambahan anggota sebanyak 23 orang dan yang keluar 226 orang sehingga jumlah anggota sampai 31 Desember 2020 sebanyak 4.720 orang. Secara umum realisasi pendapatan pada tahun 2020 tidak mencapai target yang ditetapkan karena faktor pandemi Covid-19. Sementara itu Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diperoleh pada tahun 2020 sebesar Rp. 1,968 M melampaui target sebesar 3,02 persen dan jika dibandingkan dengan SHU 2019 maka terjadi peningkatan sebesar 15,49 persen.

"Dari sisi tingkat kesehatan berdasarkan audit yang dilakukan oleh akuntan publik Drs. I Wayan Ramantha, AK., MM atas operasional tahun buku 2020 Koperasi Pegawai Bina Sejahtera memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dengan tingkat Likuiditas 303 persen, Solvabilitas 132 persen, dan Rentabilitas 10,10 persen," terang Nyoman Sujendra.

Sementara untuk pengurus baru Koperasi Bina Sejahtera Periode 2021-2023 dipilih dalam RAT Koperasi Bina Sejahtera Tahun Buku 2020 dan ditetapkan melalui sidang formatur pada waktu yang sama ditetapkan I Wayan Weda Dharmaja sebagai Ketua I, I Wayan Sujana sebagai Ketua II, I Gede Ketut Maja Wisana sebagai Sekretaris I, I Made Dwi Putra Sanjaya sebagai Sekretaris II, I Made Wirya Santosa sebagai Bendahara. Selanjutnya di jajaran pengawas I Gede Wijaya sebagai Ketua, Luh Suryaniti dan Putu Agus Ari Brata sebagai anggota.

Ditemui usai acara, Ketua I Koperasi Bina Sejahtera terpilih I Wayan Weda Dharmaja mengatakan akan mempertahankan hasil baik yang telah dicapai. "Setidaknya ada dua hal yang akan kami lakukan yaitu pertama intensifikasi dalam pengembangan koperasi dan yang kedua adalah ekstensifikasi dalam peningkatan hasil," ujar Weda Dharmaja.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Staf Ahli SDM I Wayan Weda Darmaja mewakili Sekda Badung, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan I Made Widiana, Kepala BPD Cabang Mangupura dan Kepala BPD Cabang Pembantu Tohpati, perwakilan anggota dari masing-masing perangkat daerah,Pengurus Koperasi dan Pengawas Koperasi Pegawai Bina Sejahtera.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER