Oknum Dokter Jadi Calo Dokter Tipu Rp1,5 Miliar Dituntut 3,5 Tahun

  • 05 Maret 2021
  • 18:25 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1574 Pengunjung
istimewa

Denpasar,suaradewata.com - Oknum dokter bernama  Irfana (42) yang melakukan penipuan kepada sesama dokter hingga Rp1,5 miliar, oleh JPU Kejari Denpasar dituntut hukuman pidana penjara selana 3,5 tahun.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Putu Agus Adnyana Putra,SH dalam sidang online di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar menilai perbuatan terdakwa terbukti bersalah melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan pidana penipuan sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 338 KUHP.

"Memohon kepada majelis hakim menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Irfana, pidana penjara selama 3 tahun 6 bulan, dikurangi selama terdakwa dalam tahanan dan menyatakan terdakwa tetap ditahan," tuntut Jaksa Agus didengarkna secara virtual oleh Hakim Sukradana,SH.,MH.

Menanggapi tuntutan jaksa, terdakwa yang didampingi kuasa hukumnya meminta kepada majelis hakim untuk mengajukan pembelaan secara tertulis yang dibacakan pada agenda sidang lanjutan.

Dari data yang tertulis dalam dakwaan,dokter kelahiran Klungkung, 9 Oktober 1978 ini diproses secara hukum berdasarkan laporan korban dr.Elizabeth Lisa Ernalis (29). Berawal pada 24 Juni 2018 korban Elizabeth datang ke rumah terdakwa dr. Irfana di Klungkung, setelah istri terdakwa dr. AP melahirkan.

Saat bincang-bincang, dr.AP menawarkan Elizabeth sekolah dokter spesialis kulit di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. "Iis, gak mau melanjutin sekolah, dicoba saja. Kalau mau Si Koko (terdakwa) bisa bantuin tuh," kutip jaksa, saat istri terdakwa menawarkan sekolah pada korban.

Bahkan, untuk di Airlangga, di UI, di Udayana diyakini bisa lulus 99%. Kemudian Pada 21 Juli 2018, terdakwa dr. Irfana menelepon korban dan juga kirim pesan WhatsApp mengatakan sudah positif dan itu hoky-nya korban karena Babe sudah bisa memastikan bisa membantu di Fakultas Kedokteran Unud.

Selanjutnya, pada 24 Juli, terdakwa kembali menelpon korban untuk datang ke Bali bersama orang tuanya. 25 Juli 2018, korban bersama ibunya Sinta Kusuma Dewi datang ke rumah terdakwa di Klungkung.

Terdakwa dr. Irfana menjanjikan kepada korban bisa masuk dokter spesialis dari awal sampai persiapan akhir. "Terdakwa minta uang Rp2 miliar," ucap jaksa.

Namun saat itu saksi korban hanya sanggup Rp1,5 miliar. Pada 26 Juli 2018 korban kembali bertemu dan mentransfer Rp50 juta sebagai tanda jadi ke rekening atas nama dr. Irfana di sebuah ATM BCA di dekat Kampus Unud Denpasar.

Besoknya, 27 Juli kembali mentransfer Rp450 juta ke rekening BCA atas nama dokter Irfana melalui teller bank BCA di Sudirman  Denpasar. Pada 14 September 2018, terdakwa datang ke rumah korban di Jakarta menagih kekurangan Rp100 juta.

Selanjutnya pada 15 September ditransfer 7 kali dengan nilai seratus juta dan puluhan juta dan 17 September kembali ditransfer ke rekenening atas nama terdakwa sebanyak lima kali.

Lanjut jaksa, untuk meyakinkan korban dan ibunya, terdakwa awalnya menyerahkan satu cek pada korban senilai Rp500 juta sambil mengatakan "Saya tidak mungkin tipu tante dan nama saya sebagai taruhan di mata Babe. Dan apabila tidak lulus, H+1 cek tersebut bisa dicairkan," kutip dalam dakwaan.

Saat itu, lanjut jaksa Agus, terdakwa kembali menyodorkan dua cek pada korban masing-masing senilai Rp500 juta. Pada 28 hingga 30 Oktober korban mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru Dokter Spesialis Kulit di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Namun saat pengumuman 9 November 2018, nama korban tidak muncul alias tidak lulus seleksi dokter spesialis. Korban pun merasa tertipu, dan 10 November menelepon terdakwa dr. Irfana, untuk mencairkan ketiga cek yang diberikan sebelumnya.

Sialnya cek itu tidak bisa dicairkan karena sudah kedaluarsa. 16 November, terdakwa mendatangi rumah korban menyerahkan empat lembar cek. Tiga cek berisi Rp500 juta, dan satu cek berisi Rp15 juta.

Namun saat jatuh tempo cek itu Desember dan saat dicairkan tidak ada dananya. Korban Elizabeth Lisa Ernalis yang merasa ditipu mengalami kerugian Rp1,5 miliar dan langsung mempolisikan terdakwa.mot/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER