IPAT Ajak Masyarakat Tetap Patuhi Prokes di Aktivitas Adat dan Keagamaan

  • 04 Maret 2021
  • 07:50 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1469 Pengunjung
suaradewata

Jembrana,suaradewata.com - Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (IPAT) mengajak masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan saat melaksanakan aktivitas adat dan keagamaan khususnya jelang pelaksanaan hari raya Nyepi ditengah situasi pandemi covid-19 yang masih berlangsung. 

“Saya berharap berbagai protokol kesehatan tetap dijalankan ,kendati aktivitas adat dan agama juga tidak boleh berhenti,” Kata IPAT saat  menghadiri Rakor Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kabupaten Jembrana di Desa Baluk, Kecamatan Negara. Rabu (3/3). 

Lebih lanjut, IPAT mengatakan, masyarakat hindu sebentar lagi akan menyongsong hari raya nyepi. Didalamnya berbagai rangkaian acara mulai dari Melasti dan prosesi pengerupukan termasuk ngembak geni yang berpotensi  melibatkan banyak orang. “Ini menjadi atensi kita bersama. Saya minta kepada semua stakeholder untuk ikut saling menjaga demi kesehatan dan keselamatan kita semua,” jelasnya. 

Perayaan hari raya Nyepi Tahun Caka 1943 yang jatuh pada minggu 14 Maret 2021, pihaknya berharap umat dapat menjalankan srada bakti dengan aman dan lancar. “Saat ini sedang diberlakukannya PPKM Mikro di Kabupaten Jembrana. Saya minta umat , mari kita bersama-sama mematuhi dan mentaati prokes. Kita ingin  penyebaran Covid-19 khususnya dalam rangkaian perayaan hari suci umat Hindu dapat diminimalisir,” harapnya. 

Sementara Kepala Kesbangpol Jembrana I Ketut Eko Susila mengatakan, rakor terpadu penanganan konflik sosial yang dilaksanakan ini didasarkan atas penegasan Gubernur Bali terutama, persiapan pelaksanaan perayaan Hari Raya Nyepi tahun Caka 1943. “Penegasan Gubernur ini, tim terpadu penanganan konflik sosial kabupaten Jembrana menindaklanjuti dengan melalui rapat koordinasi dengan melibatkan stakeholder baik dari majelis desa adat termasuk PHDI,” katanya. 

Dalam pertemuan ini semua masukan dan saran serta pendapat yang muncul dalam rakor ini akan dijadikan pedoman dalam upaya menjaga keamanan,kenyamanan, serta keselamatan umat saat situasi pandemi Covid-19. “Kita harapkan nanti semua masuk-masukan yang positif, akan dijadikan pedoman untuk dapat di  indahkan oleh umat dalam menyambut pelaksaan hari raya Nyepi,” pungkasnya. 

Hadir dalam rapat koordinasi itu, Wakil Ketua DPRD Jembrana Yuda Baskara, Dandim 1617 Jembrana Letkol Inf. Hasrifuddin Haruna, Majelis Desa Adat Kabupaten Jembrana I Negah Subagia, Ketua PHDI Jembrana I Komang Arsana, Kabag Op Polres Jembrana Kompol I Wayan Sinaryasa beserta jajaran tim terpadu penanganan konflik sosial kabupaten Jembrana.dep/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER