Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tunjukkan Keseriusan Tangani COVID-19, Bupati Gede Dana Turun ke Peringsari

  • 02 Maret 2021
  • 13:05 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1373 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Bupati Karangasem I Gede Dana menunjukkan keseriusannya, dalam mencegah penyebaran COVID-19. Hari pertama kerja sebagai orang nomor satu di Bumi Lahar, Bupati Gede Dana turun langsung ke Desa Peringsari, Kecamatan Selat, Senin (1/3). Ini menyusul adanya informasi 12 warga setempat terpapar COVID-19. Bupati Gede Dana ingin memastikan warga yang terpapar tertangani dengan baik. Selain itu, antisipasi pihak desa setempat melalui PPKM Mikro, juga harus berjalan dengan disiplin, untuk mencegah COVID-19 semakin menyebar di desa ini.

 

Bupati Gede Dana turun ke lokasi bersama Wakil Bupati Wayan Artha Dipa, Ketua DPRD Karangasem Wayan Suastika, Sekda Karangasem Ketut Sedana Merta, Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa, Kasat Pol PP Karangasem Wayan Sutapa, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Karangasem Edi Setiadi. Kedatangan Bupati Karangasem diterima Perbekel Peringsari Wayan Bawa di Kantor Perbekel setempat.  

Pada kesempatan itu, Perbekel Peringsari Wayan Bawa dihadapan Bupati, mengatakan saat ini warga yang masih di isolasi karena positif COVID-19 ada sebanyak 12 orang. Rinciannya, 5 orang masih menjalani karantina di Rumah Sakit dan 7 orang menjalani karantina di rumahnya masing-masing. Penerapan PPKM Mikro di desa ini mencakup 3 banjar dinas, yakni Banjar Dinas Padangaji Kangin, Padangaji Tengah dan Padangaji Kawan. Total jumlah warganya sebanyak 362 KK atau 1.081 jiwa.  "Kami menanggung penuh kebutuhan logistik warga yang di karantina,” tegas Wayan Bawa.

Dalam situasi PPKM Mikro, Bawa mengatakan petugasnya melakukan pembatasan masyarakat yang keluar masuk wilayah dengan melakukan penjagaan pada titik keluar masuk areal PPKM. Sehingga warga yang dikarantina, tidak bisa keluar masuk keluar desa dengan bebas. Mereka harus menjalani proses karantina sampai sembuh, sebelum boleh beraktivitas seperti biasa.

Mendengar penjelasan itu, Bupati Gede Dana memberikan sejumlah penekanan, untuk menyempurnakan pelaksanaan PPKM Mikro yang sudah berjalan dengan baik di Peringsari. Dengan penerapan PPKM Mikro yang disiplin, maka ia berharap tidak ada lagi penambahan warga positif COVID-19 di desa ini. Bupati Gede Dana juga mengapresiasi Satgas Gotong Royong COVID-19 Desa Peringsari, yang cukup tanggap dalam melakukan langkah-langkah, dengan mengisolasi warga yang terpapar COVID-19. Sehingga tidak lagi menyebar kepada warga lainnya.

“Sekarang sudah tidak ada penambahan lagi. Artinya kasus positif COVID-19 sudah tertangani dengan baik. Ini yang harus kami pastikan, agar langkah kita dalam menghadapi COVID-19 ini, benar-benar nyata,” tegas Bupati Karangasem asal Desa Datah ini.

Melihat kasus positif COVID-19 di Peringsari ini, Bupati Gede Dana menegaskan pemerintah daerah tetap akan melakukan pengawasan. Tidak hanya memastikan pelaksanaan PPKM Mikro berjalan baik, tetapi kebutuhan warga yang dikarantina juga sudah terpenuhi. Sementara warga lainnya, diminta tetap tenang dan menjaga kesehatan agar sistem imunitas di dalam tubuh tetap kuat dalam menghadapi COVID-19.

Ke depan, langkah-langkah nyata seperti ini akan terus dilakukan pemerintah daerah, agar seluruh pihak di Karangasem dapat bersama-sama menekan angka penyebaran COVID-19. Sehingga dengan semangat yang sama ini, Karangasem bisa mencegah adanya korban jiwa. Pemerintah daerah harus hadir di tengah masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini, menuju Karangasem Era Baru. Dimana pemerintah daerah mutlak hadir di tengah-tengah masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19.nov/rls/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER