Usai Lantik 34 Perbekel, Bupati Giri Langsung Soroti BUMDes

  • 27 Februari 2021
  • 09:45 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 2946 Pengunjung
Istimewa

Badung,suaradewata.com - Pasca melantik 34 Perbekel di Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung, Bupati Badung  Nyoman Giri Prasta langsung menyoroti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Jumat, (26/02/2021). Bupati Giri menyoroti BUMDes, karena tidak ingin BUMDes hanya berurusan dengan simpan pinjam.

Bupati Badung yang baru dilantik pada Jumat pagi, (26/02/2021), langsung menyoroti BUMDes pasca melantik 34 Perbekel di Puspem Badung pada Jumat sore. Kata ia, BUMDes harus mampu berinovasi dengan menggali dan menggerakkan potensi ekonomi yang ada di desa. Dan tidak ingin BUMDes hanya berurusan dengan simpan pinjam.

"Berkenaan dengan BUMDes ini, BUMDes harus melakukan di desa itu sendiri dilakukan oleh tim dan sudah ada pengurusnya bagaimana menggali potensi desa, sehingga BUMDes ini adalah merupakan pintu masuk dan pintu keluarnya bagaimana proses kehidupan ekonomi yang ada di masyarakat. Dan BUMDes tidak 90 persen simpan pinjam, kalau itu kan lebih bagus koperasi, BUMDes ini lebih banyak akan menggerakkan perputaran ekonomi," kata Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, Jumat sore, (26/02/2021). 

Selain itu, Bupati juga meminta Perbekel untuk segera mewujudkan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) Reduce Reuse Recycle (3R) di masing-masing desa. Dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan siap mendukung dan memprioritaskan anggaran. 

Bupati juga mengharapkan dari sisi pelayanan perbekel harus siap memberikan pelayanan 24 jam bagi masyarakat. Perbekel juga mampu melakukan pemberdayaan ekonomi kreatif guna mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat. Sementara mengenai pembangunan, perbekel dapat memfasilitasi pembangunan di masyarakat. 

"Perbekel bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan perangkat desa harus bersinergi untuk membangun desanya. Dan harapan kami, setelah dilantiknya perbekel ini, dia para Perbekel menjalankan tugas pokok dan fungsi dengan baik, yang pertama memberikan pelayanan, yang kedua pemberdayaan dan ketiga adalah pembangunan. Dan juga kami sudah minta untuk meselaraskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) itu dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Badung," tegas Bupati yang baru dilantik.

Bupati Giri juga menyampaikan, bahwa Pemkab Badung akan memprioritaskan pembangunan di desa guna mewujudkan desa yang berdikari dan desa yang mandiri. Salah satunya menjadikan semua desa di Badung menjadi desa digital dan smart village. Untuk itu kedepan semua desa harus memprioritaskan pada IT. 

"Kami harapkan kedepan semua urusan masyarakat, yang paling terdepan dilayani oleh desa dan camat. Hal ini guna memberi pelayanan yang mudah dan cepat bagi masyarakat, " jelasnya.

Kepada Perbekel yang baru dilantik, Bupati Giri berpesan, harus memiliki jiwa besar dengan merangkul rival yang diajak berkompetisi waktu Pemilihan Perbekel (Pilkel). “Tunjukkan jiwa besar untuk bersama-sama membangun desa,” pesannya seraya berharap perbekel menjadi leader dalam menjaga protokol kesehatan covid-19 di wilayah desa masing-masing, demi terciptanya kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Pelantikan Perbekel berdasarkan Keputusan Bupati Badung Nomor 38/0419/HK/2021 dan seterusnya secara berurutan sampai dengan nomor 71/0419/HK/2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Perbekel Terpilih dan Pemberhentian Penjabat Perbekel, yang ditetapkan di Mangupura 16 Pebruari 2021. Perbekel yang dilantik diantaranya; Perbekel Buduk I Ketut Wira Adi Atmaja, Perbekel Cemagi I Putu Hendra Sastrawan, Perbekel Gulingan I Ketut Winarya, Perbekel Kekeran I Nyoman Suarda, Perbekel Kuwum IB Tirtayasa, Perbekel Mengwi I Nyoman Suarjana, Perbekel Penarungan Ni Wayan Kerni, Perbekel Pererenan I Made Rai Yasa, Perbekel Sembung I Ketut Sukerta, Perbekel Werdi Bhuwana I Ketut Sadia Wijaya, Perbekel Angantaka A. A. Ngr. Gd. Eka Surya, Perbekel Ayunan I Wayan Kumara Natha, Perbekel Blahkiuh IB Gede Mahatmananda Manuaba, Perbekel Darmasaba IB Surya Prabhawa Manuaba, Perbekel Abiansemal Dauh Yeh Cani I Made Budiana, Perbekel Jagapati I Wayan Sutarga, Perbekel Mambal I Nyoman Sugiarta, Perbekel Mekar Bhuwana I Wayan Wingharta, Perbekel Punggul Kadek Sukarma, Perbekel Sangeh I Made Werdiana, Perbekel Sedang I Gede Budiyoga, Perbekel Selat I Made Semawan, Perbekel Sibang Gede I Wayan Darmika, Perbekel Sibang Kaja Ni Nyoman Rai Sudani, Perbekel Taman I Gusti Made Sudarpa, Perbekel Belok/Sidan I Made Rumawan, Perbekel Carangsari I Made Sudana, Perbekel Getasan I Wayan Suandi, Perbekel Pangsan I Made Gantiana, Perbekel Pelaga I Made Ordin, Perbekel Sulangai I Nyoman Sunarta, Perbekel Kutuh I Wayan Mudana, Perbekel Pecatu I Made Karyana Yadnya dan Perbekel Tibubeneng I Made Kamajaya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER