Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Selipkan Sabu dalam Sandal, Pria Asal Aceh ini Terancam 20 Tahun Bui

  • 25 Februari 2021
  • 18:40 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1220 Pengunjung
suaradewata

Denpasar,suaradewata.com - Zamzami, pemuda polos berumur 26 tahun asal Aceh baru memasuki persidangan terkait penyelundupan sabu dari Aceh yang beratnya mencapai hampir setengah kilogram. 

Dalam sidang yang digelar secara virtual itu, Jaksa I Wayan Sutarta,SH menjerat terdakwa dengan pasal berlapis 114 ayat (2) dan 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI tentang narkotika Nomor 35 tahun 2009.

Pemuda kelahiran 16 Maret 1994 ini diamankan dengan barang bukti 444,23 gram netto, Selasa, 24 Nopember 2020 pukul 20.30 Wita di Terminal Kedatangan Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai Tuban.

Dijabarkan Jaksa dihadapan hakim pimpinan Dewa Budi Watsara,SH.MH., secara virtual bahwa berawal 23 Nopember 2020 terdakwa dihubungi oleh seseorang bernama NYAK (DPO) untuk bertemu disalah satu warung kopi di kampung Bathufhat Aceh.

Dalam pertemuan itu, tetdakwa diberikan sendal untuk dia pakai selama dalam perjalanan. Dikatakan pula bahwa di dalam sepasang sandal warna coklat merk GATS tersebut telah dimasukkan sabu.

"Bahwa untuk tugas ini, terdakwa dijanjikan upah sebesar Rp.20 juta. Namun baru dibayar Rp.2 juta untuk bekal dalam perjalanan selama di Bali," tulis dalam dakwaan.

Selasa tanggal 23 Nopember 2020 sekitar jam 11.50 Wib terdakwa berangkat dari Bandara Kuala Namu Medan menggunakan pesawat Batik Air menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar-Bali. 

Terdakwa sempat transit sehari di Jakarta, selanjutnya dengan penerbangan ID.6514 An. ZAMZAMI tanggal 24 November 2020 Rute Jakarta- Denpasar. Menariknya selama perjalanan dari Medan hingga transit di Jakarta, terdakwa lolos dari pantauan petugas.

Terdakwa berhasil diamankan petugas BNNP Bali saat berada di Terminal Kedatangan Domestik I Gusti Ngurah Rai. Dari pemeriksaan petugas ditemukan dua bungkus plastik berisi Kristal bening yang mengandung sediaan Metamfetamina (sabu).

Berat masing-masing, 221,96 gram netto (kode-1, sandal di kaki sebelah kanan) dan 222,27 gram netto (kode-2, sandal dikaki sebelah kiri). Pengakuan terdakwa, Sabu ini akan diantar kepada seseorang bernama Wahyu Hidayat (berkas terpisah).

Petugas langsung menggiring terdakwa untuk janjian terhadap Wahyu dan hasilnya berhasil diamankan saat tiba di Hotel Puri Nusantara di kamar No. 29 Tuban, Kuta.mot/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER