Commisioning Gianyar Mineral Water, Kegagalan Masih Kecil

  • 25 Februari 2021
  • 16:25 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1806 Pengunjung
suaradewata

Gianyar, suaradewata.com - Uji coba mesin (commisioning) blowing untuk botol 600ml di pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Tirta Sanjiwani, Gianyar, Kamis (25/2) belum berhasil memuaskan. Hal ini terjadi saat pencetakan mesin untuk botol isi 600 ml diuji coba. Dari uji coba pembuatan 1.000 botol cetak, masih ditemukan kegagalan cetak 3-4 botol. 

 

 

Petugas pemantau dari Disperindag Kabupaten Gianyar, Muliyadi mengungkapkan, saat uji coba tersebut, masih menemukan kendala pada mesin. “Ini mesinnya baru, masih utak-atik mesin agar pas, sehingga hasil cetak mendekati 100% sempurna,” jelas Muliyadi. Uji coba akan dilakukan beberapa kali sambil mempresisi mesin. Dikatakannya lagi, bahan baku untuk botol masih menyesuaikan bahan mana yang cocok digunakan. 

 

Sebelumnya juga dilakukan uji coba untuk botol volume 1.500ml. Uji coba ini dilakukan beberapa kali. Namun disebutkan, secara prinsip tingkat kegagalan masih dalam toleransi. “Tingkat kegagalan masih kecil, artinya masih pada batas toleransi, kegagalannya 3-4 botol dalam 1.000 botol hasil cetak,” tambah Muliyadi. 

 

Dirut PDAM Gianyar, Made Satra Kencana menjelaskan, secara prinsip bangunan dan peralatan sudah komplit 100%. “Saat ini hanya proses ujicoba produksi. Dan besok (Jumat,26/2) akan dilakukan uji coba dari sumber produksi sampai ke produksi, ini ada lima tahapan,” jelas Satra Kencana. Dijelaskan di sumber air produksi akan dilakukan uji lab terhadap kualitas air, selanjutnya masuk mesin produksi, kemasan dan akhirnya hasil produksi.

 

Sastra Kencana menambahkan, untuk kapasitas produksi pengisian air menjadi kemasan, Galon sebanyak 300 galon/jam, cup/gelas 160 box/jam, botol 600 ml sebanyak 8.000 botol/jam dan botol 1.500 ml sebanyak 5.000 botol/jal. “Untuk produksi botol atau blowing rata-rata 4.000 botol/jam. Intinya kami sudah siap produksi,” tambah Sastra Kencana. Dengan siap produksi air kemasan tersebut, Sastra menjelaskan akan diusahakan launching nanti pada hari jadi Kota Gianyar.

 

Pihak penyedia peralatan, Hadi Kurniawan menyebutkan mesin digunakan di AMDK Gianyar adalah mesin terbaik. Dikatakan hadi, saat ini sudah ada empat perusahaan di Bali menggunakan produk mesin yang sama. “Ini mesin dengan spesifikasi khusus, sesuai standard dan kokoh,” jelas Hadi.gus/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER