Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK WBBM Pada Lapas Kerobokan

  • 23 Februari 2021
  • 21:25 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1266 Pengunjung
Suaradewata

Badung,suaradewata.com - Komitmen Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se Badung dan Denpasar untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada penerima layanan, hari ini, Senin, (22/02/2021), Lapas kelas IIA Kerobokan beserta UPT Pemasyarakatan se Badung dan Denpasar menandatangani pakta integritas di Aula Lapas Kelas IIA Kerobokan. Penandatangan ini bertujuan untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi dan Bersih Melayani (WBBM), dengan menerapkan tata nilai Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan dan Inovatif (PASTI). 

Dalam sambutannya, kegiatan apel Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Pembangunan Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM pada Lapas Kelas IIA Kerobokan, Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan, Bapas Kelas I Denpasar dan Rupbasan Kelas I Denpasar. Sebagaimana kita ketahui, pada tanggal 8 Februari 2021, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali telah melaksanakan Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2021 dengan menandatangani Fakta Integritas serta Komitmen bersama terhadap 18 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Keimigrasian di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali. 

Janji kinerja ini adalah bagian dari pondasi dalam bekerja dan berkinerja secara Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif (PASTI). Kita juga telah menetapkan target kinerja yang merupakan komitmen dari seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM yang harus kita laksanakan dan sukseskan dengan sebaik-baiknya. Tantangan pada tahun 2021 akan semakin berat bagi kita semua, karena masih banyak pekerjaan yang belum terselesaikan dengan tuntas pada tahun 2020. Namum kita harus yakin serta optimis bahwa semua hambatan dan tantangan akan menjadi peluang yang menguatkan Kinerja Kementerian Hukum dan HAM. 

"Dengan modal integritas yang kuat, yang selalu kita kokohkan setiap tahun melalui Pencanangan Zona Integritas dan Penandatanganan Pakta Integritas, saya yakin kedepan satuan kerja kita yang mendapatkan predikat WBK/WBBM akan semakin meningkat, dan yang terpenting bagi jajaran Kementerian Hukum dan HAM adalah meningkatnya kepercayaan publik terhadap kinerja kita," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Bali, Jamaruli Manihuruk, Senin, (22/02/2021).

Pada tahun 2020, lima (5) Satuan Kerja di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali telah berhasil meraih predikat WBK/WBBM. Empat (4)

satuan kerja meraih predikat WBK yaitu diantaranya Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan, Rupbasan Kelas I Denpasar, Kanim Kelas II Singaraja dan Kanim Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai sedangkan predikat WBBM berhasil diraih oleh Kanim Kelas I TPI Denpasar. Predikat tersebut merupakan sebuah pencapaian yang membanggakan yang harus kita pertahankan dan tingkatkan. 

"Untuk Satuan Kerja yang belum berhasil meraih predikat tersebut, saya berpesan agar jangan menyerah, terus lakukan yang terbaik dan yang terpenting adalah bagaimana cara meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja kita. Kita harus senantiasa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, disamping itu kita juga harus menyediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung layanan, sehingga masyarakat yang datang mendapat kenyamanan dalam memperoleh pelayanan," ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutan, ia pun mengucapkan Terima Kasih kepada Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bali, Kepala Kejaksaan Negeri Badung dan Denpasar serta jajaran Forkompinda yang hadir pada kesempatan hari ini karena telah senantiasa memberikan pengawasan dalam menciptakan perbaikan kinerja serta peningkatan pelayanan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali. Kedepannya kami berharap agar sinergitas kita tetap dapat tingkatkan begitu juga terhadap instansi-instansi yang lainnya guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Pada akhirnya, mari kita awali tahun 2021 ini dengan penuh optimis, dengan tantangan yang kita hadapi saat ini, mari kita satukan visi, terus perkuat sinergi dan kolaborasi untuk Kementerian Hukum dan HAM yang semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif). Saya berharap, pada tahun 2021 jumlah satuan kerja yang mendapatkan predikat WBK/WBBM mengalami kenaikan, dengan demikian kita mampu membuktikan kepada publik bahwa seluruh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali benar-benar mampu memberikan bukti nyata melayani dengan sepenuh hati," pungkasnya. 

Kepala Ombudsman Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab dalam kesempatan tersebut menyampaikan agar maknai integritas ini bukanlah hal yang berat, karena jabatan bukan hal yang lama. "Gunakan kesempatan sebaik baiknya agar menghasilkan integritas sebaik baiknya. Internalisasikan nilai nilai integritas kepada semua jajaran," kata Umar Ibnu.

Pada kesempatan itu pula, diserahkan hasil survey penilaian pelayanan publik dari Ombudsman ke UPT Pas se-Badung dan Denpasar. Selanjutnya acara ditutup dengan arahan dari Kakanwil Kemenkumham Bali, yang mana dalam arahannya beliau menegaskan bahwa Menyampaikan terimakasih kepada Ombudsman Bali, bahwa Janji Kinerjanya ini ada dalam tata nila PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan dan Inovatif).

"Jika ada komplain dari masyarakat, itu merupakan vitamin untuk perbaikan perbaikan pelayanan," ucap Jamaruli Manihuruk.rls/ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER