Update Kasus COVID-19, GTPP Kota Denpasar Sebut Kasus Sembuh Bertambah 142 Orang

  • 23 Februari 2021
  • 10:40 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1603 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - Penambahan kasus sembuh dan positif Covid-19 di Kota Denpasar masih terjadi. Pada senin (22/2) Kota Denpasar mencatatkan penambahan kasus sembuh sebanyak 142 orang dibanding sehari sebelumnya hanya 75 orang dan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah sebanyak 129 orang.

"Hari ini pasien sembuh sebanyak 142 orang dibandingkan sehari sebelumnya hanya 75 orang. Termasuk juga yang positif  COVID-19 tercatat sebanyak 129 orang dibandingkan hari Ahad (21/2) sebanyak 161 pasien," Kata Juru Bicara  COVID-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai di Denpasar pada Senin (22/2).

"Jangan mengurangi kewaspadaan, titik-titik lengah telah menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat drastis, tanpa disadari peningkatan ini jauh berbahaya dari rata-rata angka COVID-19 pada tahun 2020 lalu," Imbuhnya

Untuk diketahui, Dari data pada tahun 2021 terjadi peningkatan kasus atau terjadi fluktuasi, bahkan kecendrungan tren terpapar kasus COVID-19 terjadi peningkatan penularan dibandingkan tahun lalu. Karena itu semua warga harus waspada dan selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian. Karenanya bagi desa/kelurahan yang mengalami lonjakan kasus akan mendapat perhatian serius Satgas Covid-19 Kota Denpasar lewat pendampingan yang dikoordinir oleh Camat.

Hal ini dilaksanakan dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan menggunakan mobil calling atau door to door, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan wilayah secara terpadu.

Dalam kesempatan tersebut Dewa Rai juga mengajak masyarakat untuk mengurangi mobilitas, dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini mengingat tren peningakatan kasus yang diiringi dengan menurunya angka kesembuhan akan berpengaruh pada ketersediaan ruang isolasi dan perawatan.

“Mohon kepada masyarakat untuk melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes yang ketat untuk meminimalisir klaster keluarga, hal ini mengingat tingkat hunian isolasi dan ICU yang terus meningkat berpengaruh kepada kesediaan ruang rawat,” jelasnya

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif tercatat 10.119 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 8.965 orang (88,60 persen), meninggal dunia sebanyak 186 orang (1,84 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 968 orang (9,56 persen).

Melihat perkembangan kasus ini Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan COVID-19 tidak semakin meluas.“Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan),” kata Dewa Rai.dar/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER