Serangkaian HUT Korem 163/Wira Satya Ke-60, Kodim Bangli Gelar Bhakti Sosial Donor Darah

  • 16 Februari 2021
  • 19:10 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1523 Pengunjung
Suaradewata

Bangli,suaradewata.com - Serangkaian kegiatan HUT Korem 163 Wirasatya ke 60  tahun 2021 turut digelar di Makodim 1626/Bangli. Salah satunya adalah dengan menggelar Bakti Sosial donor darah. Kegiatan donor darah dilaksanakan di Aula Kapten Mudita  Kodim 1626/Bangli, Selasa (16/2/202). 

Kegiatan bakti sosial ini, melibatkan satuan Kodim Jajaran bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangli.  Donor darah tersebut digelar juga sebagai wujud kepedulian TNI untuk kemanusiaan di tengah Pandemi COVID -19 saat ini. Dimana saat ini kebutuhan darah terus meningkat.

Pada saat itu, setidaknya sebanyak 150 orang yang terdiri dari anggota Kodim 1626/Bangli 23 orang, Persit Cabang XXXIX Kodim 1626/Bangli 10 orang, Polres Bangli 15 orang, Dishub Bangli 10 orang, Sat Pol PP 10 orang, Minvet IX-26 10 orang dan komponen masyarakat 72 orang yang secara sukarela melakukan donor darah. Tentunya kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan dengan mempedomani standart protokol kesehatan.

Dari jumlah peserta yang mendonorkan darahnya itu, tim dokter PMI Kabupaten Bangli berhasil mengumpulkan 29 kantong yang terdiri dari golongan darah A sebanyak 2 kantong, golongan darah B sebanyak 13 kantong dan golongan darah O sebanyak 14 kantong.

Pada kesempatan itu, Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana, S.I.P mengatakan kegiatan donor darah ini selain dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 60 Korem 163/Wira Satya juga mengingat di masa pandemi covid-19 kebutuhan darah sangat meningkat. "Semoga dengan adanya kegiatan bakti sosial seperti ini bisa membantu memenuhi stok darah yang ada di PMI," harapnya.

Pihaknya juga menyebutkan, dengan seringnya kita melakukan donor darah bisa menjadikan tubuh menjadi  sehat karena adanya sirkulasi darah dan terbentuknya sel-sel darah baru. “Kita secara rutin mengelar kegiatan donor darah sebagai bagian dari kegiatan kemanusiaan. Nantinya darah yang terkumpul akan disumbangkan untuk stok darah PMI di Kabupeten Bangli”, Ungkap Dandim.

Diharapkan pula, dengan adanya kegiatan donor ini, dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan sekaligus meningkatkan kemanunggalan antara masyarakat dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk kemajuan Bangsa dan Negara Republik Indonesia tercinta, di wilayah Bangli.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER