Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

5 Hal Ini Jangan Dilupakan Meskipun Pandemi Belum Berakhir

  • 12 Februari 2021
  • 10:35 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1546 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Pandemi lebih dari sekadar virus yang menyerang imun tubuh. Pandemi ini bahkan menimbulkan kepanikan dan gelombang kesepian yang tak berkesudahan. Ketika panik melanda, banyak tingkah laku, seruan, himbauan yang tidak masuk akal. Namun, usaha tetaplah usaha. Lebih baik daripada harus korup bansos untuk rakyat miskin.

 

 
Dampak lainnya adalah gelombang kesepian. Riuh pasar dan obyek wisata sudah menyepi. Ada aturan jam malam, pembatasan kerumunan masyarakat hingga penutupan akses wisatawan asing membuat gemerlap kota kian meredup dan ekonomi lesu. Meski panik dan harus menyepi, 5 hal ini jangan pernah dilupakan.

 

1. Hindari Asap Rokok
Asap rokok dapat mengganggu paru-paru mendapat suplai oksigen yang bersih. Melarang perokok untuk merokok adalah kemustahilan. Menghindari orang merokok adalah pilihan. Mari bersama-sama ciptakan lingkungan udara yang bersih dari asap rokok. Teruntuk kalian perokok aktif, tolong nyalakan rokoknya tanpa mengeluarkan asap.

2. Kurangi Konsumsi Alkohol
Alkohol memicu hipertensi pada seseorang atau memperparah gejala yang ada. Mabuk alkohol dapat ditandai dengan muntah-muntah, jantung berdebar, dan kepala pusing. Diawal kedatangan covid-19 alkohol menjadi barang langka, bahkan di apotek pembeliannya dibatasi. Pemprov Bali mengubah miras/mikol menjadi alkohol medis.Hal ini karena fungsinya sebagai sterilisasi dan bahan handsanitizer sangat dibutuhkan dalam keseharian. Maka kurangilah mengkonsumsi alkohol apalagi sampai pesta berujung maut.

3. Olahraga di Tempat Terbuka
Meskipun lapangan olahraga ditutup untuk umum, jangan sampai semangat olahraga ikut ditutup. Mengingat aktivitas didalam ruangan lebih rentan penyebaran dari covid-19 maka jalan raya ataupun pematang sawah bisa menjadi lokasi olahraga alternatif. Terakhir, olahraga dibawah terik matahari di teras rumah juga direkomendasikan.

4. Minum jus buah tanpa gula
Buah-buahan kaya akan protein, nutrisi dan vitamin. Beberapa jenis buah sudah menyimpan rasa manisnya. Rajin minum jus memberi banyak manfaat seperti tubuh sehat dan petani buah pun turut Bahagia. Namun, mengurangi penggunaan gula bisa menjadi alternatif gaya hidup sehat untuk menghindari penyakit gula (diabetes).11

5. Bekerja
Banyak orang kehilangan pekerjaan karena pandemi. Sementara tuntutan hidup terus bertambah. Hutang, cicilan hingga bunganya pun harus dibayar. Tidak ada yang tahu kapan pandemi ini berakhir, maka mulai lah untuk mencari sumber rupiah yang lain. Jangan terus menganggur.

Masih banyak hal lain yang bisa ditulis dan tidak boleh dilupakan. Sebagian bersifat subyektif sesuai kebutuhan masing-masing dan sisanya adalah kepentingan bersama. Keadilan, kesejahteraan dan rasa aman. Semoga pengurus negara ini tidak melupakan 3 hal tersebut untuk diberikan kepada warganya.nok/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER