Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Usai Dilantik, Jaya-Wira Akan Realisasikan Program Desa Presisi

  • 26 Januari 2021
  • 09:15 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1474 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Bupati dan Wakil Bupati Tabanan terpilih I Komang Gede Sanjaya dan Made Edi Wirawan (Jaya-Wira) akan menjadikan sektor pertanian di Tabanan sebagai unggulan.

 

 

Setelah dilantik nanti, Sanjaya mengaku akan mulai merealisasikan program Desa Presisi. Terlebih Pemerintah Pusat di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo mengamanatkan pembangunan desa dan daerah pinggiran. 

 

Menurut Sanjaya pandemi Covid-19 menjadi kesempatan bagi semua pihak untuk melakukan introspeksi diri. Ketika sektor pariwisata lumpuh, Tabanan dengan posisinya sebagai kabupaten agraris tetap mampu bertahan. "Saat sektor pariwisata agak lumpuh karena pandemi, ternyata Tabanan agak strength karena ketahanan ekonomi dan UMKM yang luar biasa,” tegasnya.

 

Ditambahkannya, jika persoalan di bidang pertanian masih terbilang klasik. Mulai dari hulu ada persoalan produksi, di tengah ada persoalan distribusi, dan di hilir ada persoalan pemasaran.

 

“Pemasaran kadang-kadang masih belum optimal. Karena itu kami, pasangan Jaya-Wira, akan mengintegrasikan hulu, tengah, dan hilirnya. Dari produksi sampai dengan pasca panennya,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut dikatakan jika upaya tersebut juga untuk menahan laju alih fungsi lahan. Karena bagaimanapun juga, sepanjang lahan yang dimiliki masyarakat tidak mampu memberikan nilai tambah atau add value, risiko alih fungsi lahan akan tetap terjadi.

 

Karena itu, di kepemimpinannya nanti, selaku Bupati Tabanan, Sanjaya akan merealisasikan program Desa Presisi. Program yang berbasis data di 133 desa di Tabanan. “Berapa hektar lahan pertaniannya, ladangnya, lahan pemukimannya, terus berapa yang memelihara ternak dan lain-lain. Contoh, di Jatiluwih, kerja sama antara Perusda dengan BUMDes. Berapa idealnya harga gabah kering petani, nanti perusda dan BUMDes yang mengurus. Entah nanti dijual ke ASN, ke masyarakat Tabanan, atau keluar Tabanan,” jelasnya.

 

Sanjaya juga memastikan ada proses yang harus dilakukan untuk menerapkan program-program yang dikampanyekan sebelumnya. Sehingga usai dilantik sebagai Bupati, ia akan menggelar pertemuan bersama seluruh kepala OPD atau organisasi perangkat daerah yang akan dilakukan untuk menjabarkan lebih jauh Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Semesta Berencana (RPJMD-SB) Tabanan. "Dengan demikian nanti kawan-kawan OPD semuanya paham visi misi dari calon yang terpilih," pungkasnya.ayu/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER