Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Perjuangkan UMKM, Nyoman Parta Apresiasi dan Terus Kawal Program BPUM 

  • 21 Januari 2021
  • 21:40 WITA
  • Nusantara
  • Dibaca: 1361 Pengunjung
Anggota Komisi VI DPR RI, Nyoman Parta saat menghadiri Rapat Kerja Komisi VI DPR RI dengan Menteri Koperasi dan UKM, di Jakarta (21/1)

Jakarta,suaradewata.com - Dengan mematuhi protokol kesehatan,Rapat Kerja Komisi VI DPR RI dengan Menteri Koperasi dan UKM, dilaksanakan di Jakarta (21/1). Dalam kesempatan tersebut Anggota Komisi VI DPR RI, Nyoman Parta terus getol memperjuangkan pelaku UMKM. Pihaknya juga mengapresiasi program BPUM yang sudah dilaksanakan tahun 2020 dan memberikan bantuan dana untuk modal usaha senilai 2.400.000. 

"Di tengah pandemi ini masyarakat kita sedang berjuang, tak heran banyak bermunculan UMKM dan ini harus kita apresiasi karena semangatnya yang luar biasa," ungkapnya. 

"Bertahan di masa pandemi dilakukan masyarakat dengan beragam cara, mulai berjualan online, menjajakan buah dipinggir jalan, bahkan menjualan olahan makanan, maka dari itu yang seperti ini memang harus pemerintah bantu," tambahnya. 

Lebih lanjut disampaikan,  keringanan KUR yang diberikan selama 6 bulan di tahun 2021 ini juga langkah yang sangat baik. Bunga awal 6% menjadi 3% tentu sangat meringankan beban masyarakat. 

Meski pelaksanaan program BPUM berjalan baik, namun kedepan tentu harus terus dilakukan perbaikan dan evaluasi. "Mulai dari pengajuan, syarat pengajuan, hingga mekanisme pencairan harus terus dibenahi agar  tidak ada lagi masyarakat yang kebingungan," tegasnya.

Selanjutnya, pendataan UMKM ini akan menjadi database baru jumlah UMKM di seluruh Indonesia sehingga kedepan pemetaan digital dan pendampingan akan lebih mudah dilakukan.

Tahun 2021 dipastikan program BPUM akan dilanjutkan dengan total anggaran 28T diseluruh Indonesia. Nyoman Parta mengajak pelaku UMKM memanfaatkan stimulus Bantuan Presiden ini dengan baik, dan para penyalur juga menyalurkan dengan tepat sasaran. "Semoga pandemi ini segera berlalu dan semangat berjuang para pelaku usaha ditengah pandemi harus terus dibantu dengan program-program yang tepat sasaran seperti ini," ungkapnya. rls/gus/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER