Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

PMI Kabupaten Tabanan melaksanakan KAP Survey di 6 Desa

  • 19 Januari 2021
  • 21:10 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1342 Pengunjung
Suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - PMI Kabupaten Tabanan menggelar KAP survey dalam upaya pelaksanaan program kesiapsiagaan epidemi dan pandemi berbasis masyarakat dengan cara memberikan pertanyaan kepada masyarakat mengenai pengetahuan sikap dan keterampilan terhadap wabah penyakit menular, Selasa (19/1/2021). KAP survey dilakukan di enam desasevara bertahap.

KAP Survey adalah survey tentang Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan masyarakat yang dilakukan untuk mencari tahu kesiapan masyarakat di lapangan mengenai datangnya wabah penyakit menular. Adapun desa dilakukan KAP survey secara bertahap antara lain, Desa Delod Peken, Desa Bebalang, Desa Kukuh, Desa Beraban, Desa Bengkel dan Desa Samsam.

I Nyoman Sukawirma sebagai penanggung jawab program CP3 menerangkan bahwa kegiatan KAP Survey akan dilakukan secara bertahap dan terukur. “Kegiatan ini bertujuan sebagai tolak ukur keberhasilan program CP3 di desa target,” jelasnya. Community Pandemic Preparedness Program (CP3) adalah upaya untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat akan adanya penyakit menular sehingga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan apabila wabah datang.

Saat ini pihak pemerintah kelabakan menangani wabah virus Covid-19, Nyoman Sukawirma berharap agar program KAP berjalan dengan baik sehingga masyarakat lebih waspada akan datangnya wabah penyakit menular. “Sebelum pemerintah turun, masyarakat harus sudah kuat dan masyarakat mampu untuk menanggulanginya,” kata Nyoman Sukawirma.

Selain melakukan survey, PMI Kabupaten Tabanan juga memberikan paket PHBS kepada masyarakat berupa sabun, masker, cairan disinfektan, pamflet dan brosur protokol kesehatan.bay/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER