Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Upaya Mencegah Adanya Klaster Keluarga, Pasien Covid-19 OTG Dilarang Isolasi Mandiri

  • 18 Januari 2021
  • 18:40 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1309 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Buleleng, melarang adanya isolasi mandiri bagi pasien terkonfirmasi yang tergolong orang tanpa gejala (OTG). Ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah munculnya penyebaran virus Corona melalui klaster keluarga baru termasuk lingkungan sekitar.

Wakil Bupati Buleleng selaku Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng, Nyoman Sutjidra mengatakan, bagi pasien positif terkonfirmasi Covid-19 dengan kategori OTG diminta melakukan isolasi di hotel sesuai dengan anjuran Pemkab Buleleng. "Tidak boleh lagi isolasi di rumah. Karena isolasi mandiri sudah sangat berisiko," ujar Sutjidra, Senin (18/1/2021) siang.

Selain berisiko bagi lingkungan sekitar, isolasi mandiri bagi pasien terkonfirmasi sangat memerlukan kedisiplinan diri. Meskipun pasien memiliki fasilitas yang memadai untuk melakukan isolasi mandiri, dikhawatirkan terjadi kontak dengan keluarga atau lingkungan sekitar.

Seperti halnya terjadi di Kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng dan Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada. Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng meminta, agar melakukan isolasi di hotel yang disediakan oleh Pemprov Bali. "Untuk kecamatan Buleleng dan Kecamatan Sukasada akan diatensi penuh," ucap Sutjidra.

Saat ini penambahan kasus terkonfirmasi di Buleleng disebabkan oleh klaster keluarga. Sehingga, Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng telah melakukan penjemputan bagi pasien yang masih melakukan isolasi mandiri, untuk menghentikan peningkatan jumlah pasien terkonfirmasi melalui klaster tersebut.

"Dari dua hari yang lalu sudah dijemput. Baik yang di Banyuning maupun yang di Pancasari. Tidak ada lagi alasan bagi mereka untuk menolak menjalani isolasi di hotel, karena ini sudah keputusan Satgas," tandas Sutjidra. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER