Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Camat Abiansemal Tinjau Rumah Jebol di Angantaka

  • 16 Januari 2021
  • 12:45 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1443 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Pasca mendapatkan laporan dari masyarakat terkait adanya rumah jebol, Camat Abiansemal Ida Bagus Mas Arimbawa langsung meninjau lokasi rumah jebol milik Gratia Widiasih (54) di Banjar Puseh Desa Angantaka Kecamatan Abiansemal, Sabtu, (16/01/2021). Akibat kejadian tersebut, nihil korban jiwa.

Camat Abiansemal, Ida Bagus Mas Arimbawa saat dikonfirmasi mengatakan bahwa dirinya langsung terjun ke lokasi pasca mendapatkan laporan dari masyarakat, bahwa telah terjadi rumah jebol di wilayah Pemerintahannya. Kata ia, rumah warga tersebut jebol diakibatkan tergerus air karena hujan yang melanda wilayah Kabupaten Badung. Sehingga tanah yang berada di bawah rumah warga tersebut longsor dan mengakibatkan rumahnya jebol.

"Setelah mendapatkan laporan adanya rumah jebol di Angantaka, kami langsung turun ke lokasi kejadian untuk mengecek kondisi warga dan rumah tersebut," kata Ida Bagus Mas Arimbawa, Sabtu, (16/01/2021).

Orang nomor satu di Kecamatan Abiansemal ini menerangkan, kejadian tersebut terjadi pada hari Jumat, (15/01/2021), pukul 23.00 wita. Bahwa telah terjadi tanah longsor yang mengakibatkan satu unit dapur longsor dan pondasi rumah telah tergerus air dan tembok mengalami retak-retak. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diingingkan, penghuni rumah sudah diungsikan ke tetangga.

"Bangunan rumah dan dapur tersebut dibangun dibsepadan sungai sehingga pada saat terjadi hujan lebat air sungai meluap sehingga merongrong pundasi rumah, sehingga menyebabkan satu unit dapur roboh karena pundasi rumah sudah tergerus air sungai," terangnya sambil menerangkan untuk kerugian materiil sekitar Rp.350.000.000.

Pria asal Blahkiuh ini menjelaskan, pasca kejadian ini pihak Desa Adat akan segera melakukan gotong royong jika cuaca sudah bagus. Untuk penghuni rumah telah ditampung oleh keluarganya. Dan untuk pengamanan aset rumah lokasi kejadian akan diamankan oleh aparat keamanan bersinergi dengan pemerintah desa.

"Kejadian ini sudah dilaporkan secara berjenjang dan dikoordinasikan dengan pihak terkait," jelasnya.

Dalam peninjauan tersebut, juga dihadiri dari pihak kepolisian Sektor Abiansemal, Bhabinkamtibmas Desa Angantaka, BPBD Kabupaten Badung, Satpol PP BKO Kecamatan Abiansemal, Pj Perbekel Angantaka, Bendesa Adat setempat dan Kelihan Dinas Banjar Puseh.ang/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER