Kabupaten Buleleng Dijatah 3.590 Dosis Vaksin Covid-19

  • 06 Januari 2021
  • 18:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1586 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com - Pemprov Bali memberikan jatah untuk Kabupaten Buleleng sebanyak 3.590 dosis vaksin Covid-19. Jumlah tersebut akan digunakan memvaksin tenaga kesehatan (nakes), baik itu di rumah sakit (RS) pemerintah maupun RS swasta dan klinik-klinik termasuk apotek yang ada disana

Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Buleleng yang juga Sekda Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, Buleleng dijatah sebanyak 3.590 dosis vaksin Covid-19, yang digunakan untuk memvaksin nakes di RS maupun klinik dan apotek. "Jadi para pendukung seperti apoteker disebut nakes pendukung. Kami vaksin nakes dan nakes pendukung terlebih dahulu," ujar Suyasa.

Di Buleleng, tempat vaksinasi akan disiapkan sebanyak 22 titik. Seluruh puskesmas yang siap dan RSUD Buleleng. Nanti, tenaga vaksinasi akan dibagi menjadi dua shift. Yakni tenaga vaksinasi berjumlah 14 orang. Masing-masing shift ada 7 orang. "Semua divaksin. Tidak ada pengecualian. Nakes di RS swasta dan RS pemerintah," ucap Suyasa.

Menurut Suyasa, pendaftaran dilakukan melalui aplikasi yang kemudian dilakukan verifikasi. Yang sudah masuk pendataan akan mengetahui lokasi vaksinasinya. Pasalnya, aplikasi tersebut akan langsung menyediakan lokasinya.

Saat ini Suyasa mengaku, masih menunggu jadwal yang pasti dari Pemprov Bali. Termasuk juga pemerintah kabupaten/kota masih menunggu jadwal pendistribusian vaksin. "Sifatnya kami masih menunggu jadwal," ungkap Suyasa.

Sembari menunggu kedatangan vaksin, fasilitas penyimpanan vaksin Covid-19 dipersiapkan oleh Pemkab Buleleng. Gudang farmasi milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Buleleng di Desa Baktiseraga, akan dijadikan tempat penyimpanan.

"Pengalaman sebelumnya, itu biasanya lebih banyak menyimpan untuk kegiatan vaksin lainnya. Jadi tidak terlalu sulit saya rasa. Karena jumlahnya sekitar 3.500-an dosis," tansas Suyasa. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER