Diterjang Angin Kencang, Sejumlah Rumah di Buleleng Rusak

  • 09 Desember 2020
  • 20:10 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1955 Pengunjung
suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Beberapa rumah warga mengalami kerusakan usai diterjang angin puting beliung atau angin kencang. Tercatat ada 6 rumah yang ada di Desa Kubutambahan dan 1 rumah yang ada di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak rusak akibat diterjang angin kencang.

Untuk di wilayah desa Pemuteran, rumah yang mengalami kerusakan akibat disapu angin puting beliung yakni milik Kadek Darma di Banjar Dinas Palasari. Atap rumah semi permanen berupa asbes berukuran 5 meter X 7 meter ini diterbangkan angin.

Perbekel Desa Pemuteran, Nyoman Arnawa mengatakan, angin puting beliung terjadi Selasa (8/12/2020) sekitar pukul 14.00 wita. Kata dia, rumah mikik Darma ini terletak di dekat pesisir pantai. Akibatnya, kini rumah milik Kadek Darma kini tak bisa dihuni lagi lantaran bagian atap yang rusak dengan kerugian mencapai Rp20 juta.

"Yang rusak bagian atap karena diterbangkan angin. Tidak ada korban jiwa seluruh penghuni rumah selamat. Saat ini penghuni rumah sementara mengungsi di rumah saudaranya," ujar Arnawa, Rabu (9/12/2020) siang.

Sementara 6 rumah yang rusak di Desa Kubutambahan, yakni rumah milik Kadek Budiasa, di Banjar Dinas Kubuanyar Desa dengan nilai kerusakan sekitar Rp5 juta, rumah milik Nyoman Sapa, di Banjar Dinas Kubuanyar dengan nilai kerusakan sekitar Rp3 juta, rumah milik Ketut Supata, di Banjar Dinas Kubuanyar dengan nilai kerusakan sekitar Rp6 juta.

Rumah milik Gede Arsana, di Banjar Dinas Kubuanyar dengan nilai kerusakan sekitar Rp4 juta, rumah milik Ketut Merta, di Banjar Dinas Kubuanyar dengan nilai kerusakan sekitar Rp5 juta, dan rumah milik Made Suparta, di Banjar Dinas Kaje Kangin dengan nilai kerusakan sekitar Rp2 juta.

Perbekel Desa Kubutambahan, Gede Pariadnyana menjelaskan, peristiwa angin puting beliung ini terjadi pada Rabu (9/12/2020) sekitar pukul 10.00 wita. Rata-rata rumah yang rusak pada bagian atap karena diterbangkan angin. Dan rumah-rumah yang kena angin puting beliung ini berada di pesisir pantai.

"Kami sudah melaporkan ke BPBD Buleleng. Sebagian besar sudah diperbaiki rumahnya secara mandiri oleh warga. Sekarang masih didata oleh petugas BPBD untuk bantuan," jelas Pariadnyana.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Ida Bagus Suadnyana menegaskan, para korban yang rumahnya rusak akibat diterjang angin kencang ki i telah diberikan bantuan berupa alat kebutuhan darurat. "Kami minta masyarakat untuk waspada, karena ada potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat petir dan angin kencang," tandas Suadnyana. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER