Putri Koster : Anak-Anak adalah Aset Bangsa, Mari Jaga dengan Cegah Stunting

  • 25 November 2020
  • 19:45 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1465 Pengunjung
istimewa

Denpasar,suaradewata.com  – Ketua TP PKK Prov Bali, Ny Putri Koster berkesempatan menjadi keynote speaker dalam webinar Hari Kesehatan Nasional ke-56 dengan tema 'Pemberdayaan Masyarakat dalam Penanganan Stunting', Denpasar, Rabu (25/11).

Dalam acara yang juga menghadirkan Kepala Dinas Kesehatan, dr. Ketut Suarjaya dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Putu Anom Agustina, Ny Putri Koster mengingatkan pentingnya gaya hidup sehat untuk mencegah stunting sejak dini.

"Kita bisa mulai dari diri sendiri dulu, terutama untuk kalangan remaja. Jika melaksanakan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat-red) terlebih dahulu itu akan memberikan dampak prositif untuk jangka panjang, dan juga bisa memberikan efek positif untuk keturunan kita kelak," ujarnya.

Berikutnya, ia melanjutkan jika peranan orang tua juga amat diperlukan. Khususnya dalam menjaga perilaku hidup bersih dan asupan bergizi sejak bayi dalam kandungan, di mana hal ini sangat diperlukan demi menjaga kesehatan janin dan upaya pencegahan stunting sejak dini. "Para orang tua juga bisa membekali putra putri mereka yang masih remaja untuk mengambil peranan dalam upaya pencegahan stunting bagi keturunan mereka kelak," imbuhnya dalam webinar yang juga dihadiri oleh kader PKK Kab/Kota serta desa seluruh Bali.

Ny Putri Koster menyatakan bahwa keberlangsungan bangsa dan negara ke depan bergantung pada generasi penerus yang tidak hanya sehat fisik dan rohani, namun juga berahlak serta cerdas. Dan fenomena stunting merupakan penghambat atas tujuan utama tersebut. "Jadi di sini semua orang berperan dalam memajukan bangsa dan negara kita ke depan," tambahnya.

Ia menyatakan, meskipun Bali mendapat predikat angka terendah stunting secara nasional, namun semua pihak tidak boleh lengah. Semua stake holder harus bahu membahu menghapus stunting di Bali. “Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, karena butuh peranan semua pihak. Pemerintah mungkin bisa mengeluarkan skema dan rencana pencegahan, namun tetap ujung tombak pencegahan stunting ada di masyarakat terutama keluarga,” bebernya.

Ia juga meyakini dengan kerja keroyokan dari berbagai instansi, baik PPK, Dinas Kesehataan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Adat, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, maka masalah ini akan cepat terselesaikan.awp/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER