Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Mengenal Lebih Dekat Dr. Sanjaya, Calon Bupati Tabanan yang Miliki Segudang Prestasi

  • 21 November 2020
  • 16:05 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1584 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Sosok sederhana dan merakyat membuat dirinya sangat dengat dengan masyarakat. Meskipun 2 periode menjabat sebagai Wakil Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M. tidak membuat adanya jarak antara dirinya dengan masyarakat sebagai pemimpin dan yang dipimpin. Namun ia berhasil menciptakan hubungan kekeluargaan sehingga tak ada sekat antara ia dan masyarakat. Hal itu pun membuat dirinya semakin percaya diri melaju sebagai Calon Bupati Tabanan dalam Pilkada Tabanan 2020.

Pria kelahiran Tabanan 4 Oktober 1966 tinggal di Jalan Teratai Nomor 10, Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Tabanan. Memiliki seorang istri bernama Ni Ketut Rai Wahyuni, S.H dan dikaruniai 2 orang anak.

Sanjaya mengawali karir berpolitiknya dengan menjadi kader anak ranting Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Tabanan, pada tahun 2000-an. Ia memilih terjun ke dunia politik karena ingin mengabdikan diri untuk masyarakat.  Padahal sbelumnya Sanjaya pernah bergelut di dunia properti selama 20 tahun. Dalam karir berpolitiknya, Sanjaya bisa terbilang moncer, di tahun 2009 ia mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Tabanan dan terpilih. Dan ditahun berikutnya tepatnya di tahun 2010, dirinya disandingkan dengan Ni Putu Eka Wiryastuti untuk menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan yang diusung oleh PDIP. 

Dan hasilnya, paket Eka-Jaya pun menang dan memimpin Tabanan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tabanan periode 2010-2015. Selanjutnya di tahun 2014 Sanjaya terpilih menjadi Ketua DPC PDIP Kabupaten Tabanan dari tahun 2014 sampai saat ini. Tak berhenti sampai disitu saja, ternyata paket Eka-Jaya kembali berjaya pada Pilkada tahun 2015 dan terpilih untuk kedua kalinya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tabanan periode 2015-2020. Dengan demikian Sanjaya dua kali memegang jabatan sebagai Wakil Bupati Tabanan.

Sejak terpilih menjadi Wakil Bupati Tabanan di tahun 2010 lalu, ia pun menjabat sebagai Ketua PMI Tabanan sejak tahun 2010 sampai sekarang, Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Daerah Tabanan dari tahun 2010 hingga sekarang, dan Ketua BNNK Tabanan dari tahun 2010 sampai sekarang. Sanjaya juga merupakan Ketua LSM Forum Komunikasi Tabanan dari tahun 2000 sampai sekarang. Ia juga pernah menerima Lencana Adhi Bhakti Tani Nelayan Utama oleh Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan Nasional Indonesia di tahun 2018.

Politisi yang pernah mengenyam pendidikan di SDN 2 Dauh Peken, SMPN 2 Tabanan, SMA TP 45 Tabanan, Universitas Warmadewa, STIE Triatma Mulya dan IHDN Denpasar itu pun pada tahun 2020 ini dipercaya oleh PDIP untuk menjadi calon Bupati Tabanan bersama calon Wakil Bupati Tabanan, I Made Edi Wirawan. 

Sanjaya bersama PDIP pun optimis jika akan kembali memenangkan perhelatan Pilkada tahun ini. Dirinya mengaku siap mengemban tugas sebagai pemimpin Tabanan, apalagi menurutnya ia sudah memiliki pengalaman yang mumpuni setelah dua periode menjadi Wakil Bupati Tabanan. "Jadi pengalaman saya sudah 10 sebagai Wakil Bupati Tabanan jadi sudah tahu betul apa yang diinginkan masyarakat, apa yang dibutuhkan masyarakat Tabanan," ujarnya. 

Selain itu pada tahun 2012 Sanjaya pernah menerima penghargaan sebagai The Most Creative People Award 2012 oleh Yayasan Citra Insani Jakarta, Indonesian Achievement Award “Man Of The Year 2014” oleh Yayasan Penghargaan Indonesia 2014, Figure Achievement Economist of Indonesia 2014-2015 oleh Yayasan Penghargaan Indonesia dan International Seminar Spirituality in 21st Century Speaker “Success in Life with The Power of Dharma” oleh Bhagavad Gita Movement of Indonesia 2018.ayu/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER