Seluruh Mandor DLH Diberikan Arahan Pastikan Gianyar Bersih dan Indah

  • 18 November 2020
  • 15:15 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1644 Pengunjung
suaradewata

Gianyar,suaradewata.com - Di Masa Pandemi covid-19 ini, wajah Kota Gianyar justru semakin bersolek dengan adanya penataan taman dan fasilitas umum lainnya di berbagai tempat. Memastikan progres pembangunan terlihat cantik, seluruh mandor tenaga kebersihan dikumpulkan oleh Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra, Rabu (18/ 11). Seluruh mandor diminta untuk mengintensifkan kinerjanya, seperti aktivitas pembersihan/penyapuan taman hingga pengangkutan sampah di sejumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Puluhan Mandor penyapuan dan pengangkutan sampah di DLH Gianyar, mendapat arahan agar kebersihan di kawasanfasilitas umum dan pertamanan kota yang kini sudah dipercantik ditingkatkan. Mulai dari Jalan Dharma Giri, Desa Buruan, Blahbatuh hingga kawasan Kota Gianyar yang kini berwajah baru dengan taman bunganya juga mendapat perhatianbserius. Terlebih taman kini didominasi pohon bunga, dimana menuntut kebersihan yang harus dipriotitaskan. "Meskipun taman di kawasan kota sudah ditata ulang, tidak akan cantik jika kebersihannya tidak terjaga dan terpelihara," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, ditekankan bahwa progres pembangunan di Gianyar harus sejalan dengan pelayanan kebersihan. tidak hanya di kawasan pertamanan, namun juga di aral fasilitas umum lainnya. "Untuk memastikan Gianyar ini indah , nyman dan aman harus diimbangi dengan intensitas kinerja petugas penyapuan dan pengangkutan," tegasnya lagi.

Khusus untuk petugas pengangkutan sampah diminta untuk memastikan sampah di masing-masing TPS tidak mengusik kenyamanan. Upayanya, dengan peningkatan intensitas pengangkutan. Sehingga tidak ada lagi penumpukan sampah di TPS, apalagi sampai meluber. Karena itu, jadwal pengangkutan diperketat dan ditambah. Setelah pengangkutan, mador juga diminta untuk melakukan pengecekan lagi untuk memastikan seluruh sampah terangkut dan tidak ada yang tercecer. "Kita harus pahami, bahwa meningkatkan kesadaran masyarakat akan diiringi penambahan volume sampah di TPS. Karena pembuangan sampah di TPA liar kini sudah berkurang," terangnya.

Demikian pula pada petugas penyapuan, di kawasan kota harus tetap menjaga kebersihan wilayah kerjanya.Tidak boleh ada sampah berceceran di sekitar taman dan fasum lainnya. Pelayanan penyapuan jangan hanya sekedar nyapu dan sekedar lewat. " ute tugasnya harus benar-benar bersih," tekannya.

Kepada masing-masing petugas, Kujus juga mewajibkan membawa keranjang atau kantong sampah. Ditekankan pula , agar petugas tidak membuang sampah di selokan atau sungai karena berpotensi menuai sorotan. Karena sampah ini harus ditempatkan sementara di TPS. "Jangan sampai petugas kebersihan justru menuai sorotan karena membuang sampah sembarangan. Kalau ada petugas yang kami temukan melanggar, akan kami tindak," tegasnya.

Di bagian akhir, Kujus mengajak seluruh mandor untuk saling bersinergi untuk memberikan pelayanan kebersihan ini. karena Kota yang indah, identik dengan kota yang bersih. Maka dengan cara bahu-membahu menjaga kebersihan, Kota Gianyar akan terlihat lebih indah, asri dan sedap dipandang mata. "Setelah disadari bersama besarnya manfaat menjaga kebersihan bagi Kota Gianyar, niscaya kesadaran menjaga kebersihan Kota akan terus meningkat," pungkasnya. rls/gus/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER