Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kena Percikan Api, Gedong Penyimpenan Pura Dalem Abianbase Terbakar

  • 16 November 2020
  • 20:05 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1987 Pengunjung
suaradewata

Gianyar, suaradewata.com - Akibat percikan api yang tertiup saat prosesi pengabenan, sebuah pelinggih di Pura Dalem, Desa Abianbase, Gianyar terbakar, Senin (16/11) sore. Diperkirakan kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Gedong penyimpenan di area Pura Dalem, Desa Abianbase, Gianyar, mengalami kebakaran hebat. Petugas pemadam kebakaran harus berjuang selama 2,5 jam untuk memadamkan total api yang membakar pelinggih tersebut. Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Gianyar, I Made Watha saat dikonfirmasi mengatakan, seorang warga menginformasikan terjadinya kebakaran di Pura Dalem, Desa Abianbase, pada pukul 16.35 wita. Tidak beberapa lama, 5 unit mobil damkar diluncurkan untuk mengatasi api yang membakar pelinggih itu. Kami kerahkan 5 unit damkar untuk segera memadamkan api sagar tidak merembet ke bangunan lainnya yang ada di dekat pelinggih," kata Watha.

Kelian adat Pekandelan Abianbase, I Nyoman Sujana menuturkan, api diduga berasal dari percikan api prosesi pengabenan di setra (kuburan) yang ada di sebelah Pura Dalem. Percikan api segera membesar akibat atap gedong penyimpenan terbuat dari ijuk, sehingga dengan mudah menghanguskan bangunan seluas 4x5 m" itu. "Tadi ada prosesi pengabenan di sebelah selatan pura, api naik dan mengenai atap ijuk gedong penyimpenan" terang Sujana.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kerugian yang diderita akibat terbakarnya gedong penyimpenan pura dalem yang disungsung warga desa Abianbase diperkirakan mencapai Rp 500Juta. gus/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER