Perdalam Jurnalistik, IKIP Tabanan Kunjungi Dapur Redaksi Suara Dewata

  • 14 November 2020
  • 13:30 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2213 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Belasan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan dari IKIP Saraswati Tabanan berkunjung ke Kantor Redaksi suaradewata.com di Jalan Anyelir I nomor 4A, Banjar Dukuh Dauh Peken, Tabanan, Sabtu, (14/11/2020). Kunjungan mahasiswa tersebut untuk mengetahui proses pembuatan berita hingga terpublish dalam rangka mata kuliah jurnalistik dan keredaksian. 

Sebanyak 16 mahasiswa dari jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan didampingi 2 dosen dari masing-masing jurusan bertandang di kantor redaksi www.suaradewata.com. "Kehadiran kami ke kantor redaksi suaradewata.com untuk belajar secara nyata bagaimana proses jurnalistik hingga redaksi dalam pembuatan berita," kata Sandi ujar salah satu dosen pembimbing.

Sementara itu, Nanik, dosen pembimbing jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia menimpali, selama pandemi Covid-19, mahasiswa jurusannya hanya belajar daring, sehingga materi yang didapatkan sebatas teori. Dengan berkunjung ke redaksi www.suaradewata.com sebagai kantor berita khusus media online, diharapkan mahasiswa dapat memahami mata kuliahnya. "Semoga kunjungan ini bermanfaat bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah jurnalistik dan keredaksian, karena mata kuliah ini baru, sehingga dengan mendatangi kantor redaksi suaradewata, mahasiswa dapat pengetahuan dari orang yang memang berkecimpung di bidang jurnalistik," ucap Nanik.

Redaktur www.suaradewata.com, Kadek Agus Arimbawa menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada mahasiswa IKIP Saraswati Tabanan dan dosen yang telah berkunjung dan mempercayai kantor redaksi www.suaradewata.com sebagai tempat praktek lapangan mata kuliah jurnalistik dan keredaksian. "Sebuah kebanggaan bagi kami mendapatkan kunjungan ini, semoga kami bisa membantu informasi yang diinginkan mahasiswa guna memahami bagaimana proses berita dalam redaksi," ujarnya.

Ditambahkannya, jenis-jenis berita yang dibuat oleh seorang jurnalis terbagi menjadi 2 kriteria, yakni hardnews dan softnews. Hardnews adalah berita penting yang harus disampaikan langsung ke publik. Berita jenis ini tidak bisa ditunda pemberitaannya karena akan cepat basi. Sedangkan softnews adalah berita yang dari segi struktur penulisan relatif lebih luwes, dan dari segi isi tidak terlalu berat. Soft news umumnya tidak terlalu lugas, tidak kaku, atau ketat, khususnya dalam soal waktunya. "Penulisan berita tidak lepas dari 5W1H dan juga tidak boleh melanggar dari kode etik jurnalistik. Berita yang dihasilkan oleh jurnalis di lapangan dikirim ke redaksi untuk difilter dan disaring oleh redaktur, layak atau tidaknya berita tersebut disampaikan. Setelah melalui proses editing, berita tersebut diserahkan ke admin redaksi untuk dipublish di portal media hingga bisa dibaca oleh masyarakat," papar Arimbawa menjelaskan alur pemuatan sebuah berita di redaksi.

Diakhir kunjungan, dosen pembimbingan dan redaktur www.suaradewata.com saling bertukar cinderamata. Dan sama-sama berharap kerjasama antara IKIP Saraswati Tabanan dengan www.suaradewata.com tetap berkelanjutan dimasa depan untuk membantu mahasiswa memahami jurnalistik dan keredaksian.tim/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER