Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Mas Sumatri Bupati yang Mengayomi, Masyarakat Empat Desa di Bukit Siap Menangkan Massker 90 Persen 

  • 10 November 2020
  • 18:35 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1565 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Para sesepuh dan alim ulama serta warga Kampung Anyar, Bukit, berdoa bersama secara khusus mendoakan agar Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Karangasem, Nomor Urut 2, I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Made Sukerana (Massker) bisa memenangkan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang, dan terpilih kembali memimpin Karangasem periode kedua. 

Doa bersama itu dilaksanakan warga diakhir kegiatan simakrama I Gusti Ayu Mas Sumatri di Kampung Anyar, dimana hadir sejumlah tokoh yang mendampingi diantaranya, I Nyoman Widiana, Sekwil Partai Perindo Bali, dan I Gusti Ngurah Gede Subagiartha (Gus Ode) Ketua Fraksi Nasdem DPRD Karangasem. Dalam acara simakrama terbatas itu, tokoh masyarakat Kamung Anyar, H. Suhaemi mengatakan jika warganya sangat dekat dengan sosok I Gusti Made Tusan dan I Gusti Ayu Mas Sumatri. Karena keduanya sering turun menemui dan membantu warga di Desa Bukit. 

“Mas Sumatri itu Bupati yang sangat peduli dengan keragaman adat, budaya, tradisi dan agama. Sehingga toleransi dan tradisi menyama braya di Karangasem makin kuat. Tidak ada diskriminasi, bliau pemimpin yang adil dan mengayomi agama lain! Tidak ada alasan lagi, kami warga Kampung Anyar 100 persen mendukung dan siap memenangkan Massker 9 Desember 2020 nanti,” ujar H. Suhaemi.

Dalam kesempatan itu ada beberapa spirasi dari warga yang ditampung oleh Mas Sumatri untuk ditindaklanjuti, diantaranya dari Burhanudin yang mengusulkan bantuan penyengker makam keramat Balan. “Makam keramat Balan itu banyak dikunjungi oleh peziarah dari luar Bali. Kami mohon bantuan penyengker,” usulnya.

Aspirasi lainnya juga datang dari Sapariyah, anggota kelompok tani ternak Kampung Anyar yang mengusulkan bantuan transportasi berupa motor viar. “Kelompok tani ternak di kampung ini mengalami kesulitan mencari pakan ternak. Karea itu kami sampai pergi keluar desa sampai ke Subagan untuk mencari pakan ternak. Mohon  bantuan motor viar,” usulnya pula.

Usulan trsebut langsung dijawab oleh Mas Sumatri, dimana untuk penyengker Makam Keramat Balan, siap akan membantu cuman Mas Sumatri mengusulkan agar nantinya penyengker makam itu dibuat bernuansa alami. Pihaknya juga siap mengembangkannya menjadi obyek wisata spiritual. “Untuk motor viar, nanti bisa mengajukan proposal bantuan sosial. Kami akan kawal,” lugasnya. 

Selain di Kampung Anyar, sesuai agenda kampanyenya Selasa (10/11/2020), Massker juga melaksanakan kampoanye tatap muka terbatas di Desa Kebon Bukit, Desa Jumenang, dan di Banjar Bukit Kaler, Desa Bukit. Di tiga desa ini Mas Sumatri juga mendapatkan sambutan hangat warga dan diterima dalam suasana penuh keakraban. di Desa Kebon Bukit warga menyambut Mas Sumatri dengan yel yel salam dua jari. 

“Sebenarnya warga desa ini semuanya mau hadir bertatap muka dengan ibu Mas Sumatri, cuman kan karena ada aturan yang membatasi, jadi untuk mentaati protokol kesehatan hanya 50 orang perwakilan saja yang hadir. Tapi warga Desa Kebon Bukit sudah menyatakan bulat mendukung dan memenangkan Massker 9 Desember 2020 mendatang,” ujar Bendesa Adat Kebon Bukit, I Gusti Gede Sastra. 

Dikatakannya, masyarakat Desa Kebon Bukit sangat dekat dengan I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Gusti Made Tusan, karena keduanya sangat sering ke Desa Kebon Bukit, menemui warga. “Bliau I Gusti Made Tusan dan Ibuk Mas Sumatri sering datang kemari, karena disini merupakan kawitannya yang dari I Gusti Made Tusan, jadi keduanya merupakan keluarga,” sebut I Gusti Gede Sastra. Artinya kata dia tidak ada alasan untuk tidak memenangkan Massker di Desa Kebon Bukit, karena seluruh suara masyarakat di Desa Kebon Bukit diserahkan untuk kemanangan Massker. 

“Kami pasti akan memilih Massker untuk dua periode. Karena beliau sudah terbukti. Meski ada kekurangan. Tapi setiap pemimpin dimanapun pasti ada kekurangan,” ungkapnya, sembari mengusulkan jika nantinya Massker menjabat di dua periode warga memohon bantuan perbaikan infratruktur khususnya jalan. Seperti jalan penghubung desa Kebon Bukit menuju Bukit Taler yang juga menuju Pura Bukit. 

“Kami mengharapkan ke depan jalan tersebut bisa diperbaki ketika nanti ibu menjabat. Ini untuk memperlancar aktivitas masyarakat di sini,” pinta tokoh Desa Adat Kebon Bukit lainnya, I Gusti Gede Alit. Menanggapi permohonan warga tersebut, Mas Sumatri menngatakan akan berupaya untuk mewujudkannya. 

“Apa yang menjadi aspirasi masyarakat tentu menjadi catatan kami. Aspirasi masyarakat adalah aspirasi yang membangun Karangasem ke depan lebih baik. Tatap muka seperti inilah yang lebih terasa, karena dengan tatap muka kita bisa tau secara langsung apa aspirasi masyarakat,” lugas Mas Sumatri. 

Di Desa Jumenang Warga langsung menyatakan dukungan dan siap memenangkan Massker 90 persen. “Banyak sudah yang dilakukan oleh I Gusti Made Tusan dan I Gusti Ayu Mas Sumatri di Desa Bukit. Jadi tugas kami sekarang ini untuk bersama-sama memangkan Massker pada Pilkada 9 Desember 2020 nanti,” ucap Bendesa Adat Jumenang, I Wayan Sulendra.nov/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER