Tingkatkan Kualitas Pariwisata Bangli, Bupati Made Gianyar Buka Pelatihan Tata Kelola Homestay 

  • 09 November 2020
  • 20:55 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1473 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com - Bupati Bangli I Made Gianyar SH, M.Hum secara resmi membuka Pelatihan Tata Kelola Homestay di Kabupaten Bangli, yang bertempat di Hotel Segara Restoran Kintamani, Senin (9/11 /2020). Dalam kesempatan itu hadir pula Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli, Drs I Wayan Adnyana, Camat Kintamani, Danramil Kintamani, Kapolsek Kintamani, Kepala Badan Pengelola Pariwisata Batur Unesco Global Geopark Kintamani dan puluhan peserta.  

Kepala Dinas Pebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli, Drs I Wayan Adnyana dalam laporannya menyampaikan Pelatihan Tata Kelola Homestay tahun 2020 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan SDM Pariwisata terutama dalam bidang pengelolaan Homestay yang ada di Kabupaten Bangli sehingga mampu memberikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada wisatawan di wilayah masing-masing. Katqla diqla, dalam pelatihan Tata Kelola Homestay Tahun 2020 ini diikuti sebanyak 40 orang peserta dari pengelola Homestay dan perewakilan kelompok sadar wisata se Kabupaten Bangli. "Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelatihan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangli dan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI yang sebelumnya telah dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain: Pelatihan Pemandu Wisata Geowisata" ungkapnya. Sedangkan untuk pelatihan Tata Kelola Destinasi, Kegiatan Pelatihan Tata kelola Homestay tahun 2020 ini mengundang narasumber dari DPD ASITA BALI, IPBI BALI dan Institut Pariwisata IHDN Denpasar dan Bisnis Internasional.

Sementara Bupati Bangli I Made Gianyar SH, M.hum dalam sambutannya menyampaikan dalam pengelolaan Homestay, sumber daya manusia (SDM) khususnya pengelola homestay menjadi sangat penting. Sebab, lanjutnya,  mereka ini yang akan bersentuhan langsung dengan wisatawan yang datang menginap yang kebanyakan memiliki budaya serta kebiasaan yang berbeda dengan budaya kita disini. Untuk itu, diharapkan dengan pelatihan tersebut pengelola homestay diharapkan memiliki kemampuan tata kelola yang baik. "Pelatihan seperti ini, kita harapkan kedepannya dapat menjadi awal yang baik dalam meningkatkan kualitas pengelolaan homestay di Kabupaten Bangli," ujarnya.

Lebih lanjut I Made Gianyar Bupati Asal Desa Bunutin Kintamani ini juga menyampaikan homestay saat ini merupakan salah satu strategi dari pemerintah untuk menggalakkan pariwisata berbasis masyarakat. Menurut undang-undang No 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan pasal 14 terdapat 14 jenis usaha jasa di bidang pariwisata, salah satunya usaha jasa pariwisata adalah layanan akomodasi atau tempat menginap termasuk didalamnya adalah homestay.  "Dalam meningkatkan daya saing pariwisata kita, hanya bisa dilakukan dengan meningkatkan kualitas dari potensi kita baik dari segi SDM maupun pengelolaan serta kelestariannya," imbuhnya.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER