Masih Tunggu Alat Penunjang, Lab PCR di Buleleng Dalam Waktu Dekat Mulai Beroperasi

  • 02 November 2020
  • 19:25 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1625 Pengunjung
suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Lab Polymerase Chain Reaction (PCR) milik Pemkab Buleleng yang ada di RSUD Buleleng dalam waktu dekat akan segera dioperasikan. Hal ini menyusul, pembangunan fisik lab tersebut telah rampung. Hanya saja, pengoperasian lab PCR ini masih menunggu sarana penunjang yang datang beberapa hari kedepan ini.

Sekda Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, dari hasil koordinasi dengan Dirut RSUD Buleleng, dalam waktu dekat lab tersebut sudah beroperasi. "Saya sudah tanya Dirut RSUD, karena kami target minggu ini bisa, tapi Dirut masih meminta waktu. Secara fisik ruangan siap, tapi dari sisi alat penunjang yang belum lengkap," ujar Suyasa, Senin (2/11/2020).

Lab PCR ini disiapkan untuk bisa menguji speciment swab test pada pasien terindikasi positif Covid-19. Lab PCR ini menerima uji spesimen swab hingga 45 kali test sehari. Dengan begitu, bisa lebih cepat melakukan diagnosa. Sehingga, petugas Dinas Kesehatan Buleleng lebih cepat melakukan pelacakan agar pandemi ini cepat diantisipasi penyebarannya.

Untuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya akan bekerja di lab PCR itu telah melakukan pelatihan. "SDM sudah siap, sudah latihan di RS Bali Mandara, lalu menyusul gelombang kedua. Nanti datang lagi pada minggu kedua ini tambahan. Semua sudah siap," kata Suyasa.

Keberadaan lab PCR ini akan sangat membantu gugus tugas Buleleng dan tenaga medis dalam penanganan Covid-19 di Buleleng. "Tidak lagi berhari-hari menunggu mengetahui hasil lab. Jadi gugus tugas segera bisa mengambil langkah pencegahan dan edukasi masyarakat," tandas Suyasa. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER