Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Usai Dilantik Sebagai Ketua DPRD Bangli, ini yang Ditargetkan Suastika

  • 26 Oktober 2020
  • 16:55 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1239 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Sesuai dengan jadwal yang telah disepakati Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Bangli, akhirnya I Ketut Suastika secara resmi dilantik sebagai Ketua DPRD Bangli, Senin (26/10/2020). Prosesi pelantikan Suastika dilakukan bersamaan dengan pelantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) DPRD Bangli, Ni Wayan Srianing dari PDIP asal desa Satra, Kintamani. Prosesi pelantikan diawali dengan melakukan ritual mejaya-jaya. Selanjutnya, pengambilan sumpah dan janji keduanya dilakukan oleh Ketua PN Bangli, I Gede Putu Saptawan disaksikan pula oleh Rohaniawan Ida Pandita Mpu Parama Yoga Nabe. Hadir juga saat itu, Bupati Bangli Made Gianyar, Wakil Bupati Sang Nyoman Sedana Arta, Mantan Ketua DPRD Bangli I Wayan Diar dan kalangan anggota DPRD Bangli sejumlah undangan yang jumlahnya memang dibatasi maksimal 50 orang. Usai pelantikan tampuk pimpinan langsung diserah-terimakan secara simbolis dengan penyerahan palu pimpinan dari Wakil Ketua I Nyoman Budiada kepada Ketut Suastika.

Ditemui usai pelantikan, Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika menyampaikan ditengah masih mewabahnya pandemi Covid-19, penggunaan anggaran masih akan difokuskan untuk penanganan Covid-19 disamping juga belanja-belanja yang diamanatkan oleh perundang-undangan seperti Pendidikan dan Kesehatan. “Harapan kami, kita bisa saling bahu membahu antar masyarakat,antara pemerintah daerah dan juga yudikatif. Kita saling bahu-membahu untuk membangun Bangli. Kita juga akan tetap melanjutkan apa yang telah direncanakan oleh Ketua DPRD sebelumnya,” ungkapnya.

Untuk target jangka pendek, lanjut Suastika, akan berupaya tetap bersinergis dengan Bupati untuk meningkatkan PAD. Sebab, lanjut Politisi PDIP asal desa Peninjoan, Tembuku ini, tidak ada gunanya kita banyak program, sementara pendapatan kita rendah. “Selama ini kemandirian daerah kita di Bangli, dari sektor anggaran di Indonesia kita terbawah. Oleh karena itu, dalam jangka pendek kita juga akan bersinergis dengan Bupati untuk menggali anggaran-anggaran di pemerintah atasan. Sebab, selama ini memang kita selalu disusui pemerintah atasan. Presiden dan Gubernur, itu persoalan yang terjadi sebenarnya,” jelasnya.

Dalam hal ini, lanjut Suastika, yang terpenting dari peningkatan PAD adalah adanya pergerakan ekonomi. “Akan jadi mubazir kita berprogram dengan situasi seperti ini, jika kita tidak bersinergis dengan pusat maupun propinsi. Apapun programnya, dalam jangka pendek pondasi ini yang harus diperkuat. Sedangkan untuk jangka menengah baru kita melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi tentang pendapatan-pendapatan. Tapi pondasinya, kita tetap harus ketergantungan dari pemerintah Pusat dan Propinsi,” tegas Suastika.

Sementara Bupati Made Gianyar dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya I Ketut Suastika sebagai Ketua DPRD Bangli PAW dari PDIP. “Harapan saya kepada Ketua DPRD yang baru dilantik supaya dapat bekerja sebaik-baiknya dan kepada pak Wayan Diar saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan pengabdiannya selama ini,” tegasnya.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER